Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq panggil seluruh Camat dan Lurah di Pulau Karimun Besar, Minggu (12/9/2021) malam.

Maksud dan tujuan pemanggilan itu ialah untuk mempercepat program vaksinasi di Kabupaten Karimun agar target vaksinasi dapat terealisasi.

Selain itu, pemanggilan itu juga sekaligus untuk mencocokkan data vaksinasi di masing- masing wilayah, baik di tingkat Kelurahan hingga Kecamatan.

“Pertemuan ini untuk mencocokkan data vaksinasi. Karena, masih ada selisih data yang kita temukan,” kata Rafiq.

Rafiq mengatakan, terdapat selisih tersebut membuat data vaksinasi tidak valid. Penyebabnya, ialah banyak masyarakat yang terdata namun tidak berada di Karimun.

“Salah satu yang menjadi tidak singkronnya data, adalah warga yang wajib vaksinasi tidak ada di Karimun atau di luar daerah,” katanya.

Lanjut Rafiq, seperti di empat Kecamatan, saat di data orangnya tidak ada di tempat. Sehingga kalau ditotal ada sekitar 10 persen penduduk Karimun yang wajib vaksin tidak berada di tempat atau di laur Karimun.

Berdasarkan data, masyarakat wajib vaksin di Kabupaten Karimun berjumlah 171 ribu jiwa. Dan pencapaian vaksinasi, saat ini telah menyentuh angka 129 ribu jiwa.

“Persentase untuk usia 18 tahun ke atas sebesar 75,86 persen dan usia 12 hingga 17 tahun sebanyak 80 persen.

“Kalau berdasarkan data yang disampaikan tadi dalam rapat, kita Karimun sudah mencapai 85 persen,” kata Rafiq. (rko)