Tentang Desa Parit Kecamatan Selat Gelam Kabupaten Karimun

Pintu masuk Desa Parit Kecamatan Selat Gelam. (foto SS boedakdusun)

Desa Parit merupakan salah satu desa yang berada di bawah pemerintahan Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun Provinsi Kepri.

Sebelum pemekaran kecamatan, Desa Parit merupakan bagian dari Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun.

Desa Parit terdapat empat nama desa lainnya yang di antaranya; Desa Parit I, Desa Parit II,  Desa Parit III dan Desa Parit IV yang semuanya berada di dalam satu pulau dan satu pemerintahan desa, Desa Parit.

Dikutip dari wikipedia.org, luas darata Desa Parit sekitar 18 kilometer persegi (Km2), jumlah penduduknya 1.712 jiwa ( data 2019). Kepadatanna mencapai 95 jiwa per Km². Desa ini dibagi ke dalam 18 RT dan 8 RW.

Desa Parit merupakan bagian dari Kecamatan Selat Gelam yang di dalamnya juga terdapat Desa Selat Mendaun dan Desa Tulang. Pulau Desa Parit terpisah dengan Pulau lainnya yakni Selat Mendaun dengan dipisahkan sebuat selat kecil antara dua pulau.

Mata pencaharian masyarakat Desa Parit didominasi nelayan, sebagian pertanian, dan sebagian lagi swasta dan pegawai negeri sipil. Sebagian besar masyarakat Desa Parit adalah Melayu dan menganut agama Islam yang taat. (*/msarih)