Proses evakuasi kapal nelayan yang tenggelam di Selat Malarko, Jumat (11/6/2020). (Foto : Lendoot.com /Dok Polisi).

Karimun, Lendoot.com – Kapal nelayan ditemukan tenggelam di Perairan Selat Malarko Desa Pongkar Kecamatan Tebing, Jumat pagi merupakan milik Jakfar (50) warga Kelurahan Lubuk Semut Kecamatan Karimun.

Kapal itu digunakan oleh anak pemilik kapal untuk melaut di Perairan Karimun Anak pada Kamis (11/6/2020) bersama dua rekan lainnya. Namun ketika berada disana, kapal tersebut mengalami patah kemudi dan kebocoran.

Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Binsar Samosir mengatakan, dalam kejadian itu ketiga nelayan di kapal tersebut dipastikan selamat.

“Ketiga nelayan selamat, antara lain atas nama Feri, Widiarman dan Wais. Mereka sempat meminta pertolongan kepada rekan lainnya dan dievakuasi ke darat,” kata Binsar, Sabtu (13/6/2020).

Ia menyebutkan, kapal tersebut sempat ditarik menggunakan pompong milik nelayan lainnya. Akan tetapi, ketika ditarik kapal tersebut semakin banyak kemasukan air dan tenggelam.

“Jadi rencananya mau bawa ke Lubuk Semut. Namun tiba di Selat Malarko, kapal lebih banyak kemasukan air dan tenggelam. Selanjutnya, kapal itu ditinggalkan dan rencananya akan dievakuasi pagi harinya,” katanya.

Menurutnya, kapal tenggelam diduga mengalami kemudi patah kebocoran, cuaca hujan di sertai angin kencang dan gelombang tinggi.

Sebelumnya diberitakan, Satu Unit Kapal Nelayan ditemukan tenggelam di perairan Selat Malarko Desa Pongkar Kecamatan Tebing, Jumat (12/6/2020) pagi.

Kapal itu ditemukan seorang nelayan yang sedang melakukan aktifitas bongkar muatan di Pangkalan Nelayan Desa Pongkar sekira pukul 07.00 Wib.

Posisi Kapal saat ditemukan telah dalam posisi tenggelam dan hanya terlihat bagian atas. Tidak ditemukan pemilik kapal di lokasi tersebut dan informasi beredar bahwa, korban telah diselamatkan nelayan lainnya.

Koordinator Tagana Dedi Risdianto dikonfirmasi perihal itu membenarkan bahwa ada sebuah kapal nelayan yang ditemukan tenggelam di perairan Selat Malarko.

“Iya benar, tadi pagi ditemukan oleh Ketua NTKK Cabang Pongkar saat melakukan bongkar muat di pangkalan nelayan Desa Pongkar. Hanya kapal saja yang ditemukan, sementara nelayannya tidak ada,” kata Dedi, Jumat (12/6/2020).

(rk)