Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan gedung Puskesmas dan Kantor Camat Meral Barat dan Puskesmas Ungar, Selasa (2/4/2019).

“Baru dapat kita resmikan pada April ini, karena masih ada beberapa sarana dan prasarana yang perlu dilengkapi,” kata Rafiq.

Dalam meresmikan fasilitas kesehatan tersebut, terlebih dahulu Rafiq bertandang ke Pulau Ungar pada pagi hari, kemudian siang harinya dilanjutkan di Kecamatan Meral Barat pada agenda yang sama.

“Anggaran untuk Puskesmas Meral Barat menghabiskan dana sebesar Rp8,1 Miliar, dan Puskesmas Ungar sebesar Rp9,1 Miliar. Anggaran dari dua fasilitas kesehatan di dua Kecamatan ini bersumber dari Dana Alokasi KHusus (DAK) afirmasi tahun 2018,” jelas Rafiq usai meresmikan Gedung Puskesmas dan Kantor Camat Meral Barat.

Sementara untuk gedung Kantor Camat Meral Barat dan Ungar, anggarannya bersumber dari Bangda Kemendagri untuk daerah perbatasan.

Rafiq berharap, dengan keberadaan Puskesmas di dua Kecamatan termuda di Kabupaten Karimun itu dapat memakasimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi menambahkan, sarana dan prasarana serta petugas medis di dua Puskesmas tersebut sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. Namun untuk Puskesmas Ungar saat ini masih belum memiliki dokter gigi.

“Dua puskesmas ini hanya melayani pasien rawat jalan saja. Karena jarak dari Kecamatan Meral Barat kan cukup dekat untuk berobat ke RSUD Muhammad Sani jika akan dilakukan rawat inap. Begitupun Puskesmas Ungar jaraknya dekat dengan Puskesmas Tanjungbatu. Sehingga tidak diadakan layanan rawat inap pada fasilitas kesehatan di dua Kecamatan ini,” kata Rachmadi.

Dia menambahkan, saat ini sarana prasarana dari dua Puskesmas tersebut dinilai sudah memadai dengan ditangani oleh 31 tenaga medis, sebagaimana aturan dari Kementerian Kesehatan nomor 75, sehingga dinilai sudah cukup atau memadai. “Hanya di Puskesmas Ungar yang kekuragan dokter gigi,” tutup Rachmadi.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Ketua DPRD Karimun Yusuf Sirat, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya, Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, Kadis Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi serta tamu undangan lainnya. (muhamadsarih/riandi)