Karimun, Lendoot.com – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun kembali bekerja seperti biasa, Jumat (5/6/2020).

Hal ini ditegaskan didalam Surat Edaran Bupati Karimun nomor 344/SE/BKPSDM/2020 pertanggal 3 Juni 2020.

Dalam edaran terbaru itu, diinformasikan pelaksanaan normal baru produktif dan aman Covid-19 bagi ASN di lingkungan Pemkab Karimun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah membenarkan aturan baru yang ditujukan kepada seluruh ASN di jajaran Pemkab Karimun.

“Iya, ini menindak lanjuti Surat Edaran Kemenpan RB No 58 tahun 2020 tentang sistem kerja ASN dalam tatanan baru tanggal 29 Mei 2020,” kata Firman, Kamis (4/6/2020).

Ia mengatakan, dalam surat tersebut disebutkan pada tanggal 5 Juni 2020 dan seterusnya seluruh ASN melaksanakn tugas kedinasan di OPD masing-masing.

Adapun ketentuannya adalah, ASN di setiap OPD/Instansi/UPT memberlakukan 5 hari kerja jadwal masuk pukul 08.00 – 4.30 WIB. Namun OPD/Instansi/UPT yang memberlakukan hari kerja 6 hari tetap menjalankannya seperti biasa.

“Ada beberapa ketentuan disebutkan dalam edaran itu terkait jadwal dan jam kerja,” katanya.

Disebutkan juga, terdapat aturan yang meniadakan pelaksanaan apel, upacara dan olahraga ditiadakan sampai waktu yang belum ditentukan.

Untuk efektifitas jam kerja, mesin finger print di masing-masing OPD kembali diaktifkan. Disamping mesin absensi itu harus menyiapkan handsanitizer dan tisu.

“Kepada para ASN diimbau agar dapat menjaga jarak dan memakai masker saat melaksanakan tugas. Para Kepala OPD diminta menyiapkan thermogun, tempat cuci tangan dan handsanitizer sebagaimana standar protokol kesehatan,” katanya. (rk)