Banjir kiriman yangdiduga dari pengembang perumahan BKI ke rumah warga Sei Ayam (msa)

Karimun, Lendoot.com – Sejumlah warga di Sei Ayam Jalan Pertambangan saat-saat ini sedang kesal. Mereka mengaku, sejak berdirinya perumahan Bukit Indah, Jalan Pertambangan dan rumah di sekitar terdampak banjir.

“Setiap ada hujan, langsung rumah kami kena banjir. Kita sudah melaporkan ini ke Pak Lurah Lubuk Semut terkait banjir kiriman ini, tapi responnya sangat lambat,” ujar Ady Varox kepada Lendoot.com, Jumat (24/6/2022).

Ada belasan rumah warga yang terdampak banjir di kawasan Sei Ayam tersebut. Perumahan BI tersebut berada di atas bukit, sehingga ketika hujan air akan mengarah perumahan kampung warga Sei Ayam yang notabene berada di lokasi lebih rendah.

Ady menambahkan bahwa ini merupakan dampak dari tidak adanya drainase yang memadai yang seharusnya dibangun Perumahan BI sebelum melakukan pembangunan perumahan.

“Perumahannya di atas bukit yang awalnya itu daerah serapan hujan. Lalu berdiri tanpa mengindahkan warga kami di bawahnya. Kami sangat menderita kalau hujan,” ujarnya.

Jika memang ada izin berdirinya perumahan tersebut, tambah Gunawan warga lainnya, maka pemerintah daerah seharusnya mewajibkan pengembang itu membuatkan gorong-gorong besar di bawahnya. “Sehingga kami tidak jadi korbannya seperti ini,” tegas Ady.

Hujan yang deras sekitar satu jam itu juga menyebabkan terjadi banjir Jalan Pertambangan sekitar semata kaki orang dewasa. Jalan yang baru dibangun itu dikhawatirkan akan berdampak terhadap ketahanannya.

“Belum lagi jalan yang tergenang air akibat perumahan itu. Berapa besar lagi kerugian negara hanya untuk buat jalan tapi dirusak karena banjir dari perumahan itu,” ujar Gunawan lagi.

Hingga berita ini diturunkan, pihak pengembang perumahan BKI tidak dapat dihubungi. Ketika didatangi ke kantornya, juga tidak dapat dijumpai. (msa)