Ungar, Lendoot.com – Tak lama lagi warga di Dusun II Desa Sungai Buluh dan Desa Batu Limau Kecamatan Ungar, dapat menikmati Instalasi Pengolahan Air Limbah atau Wastewater Treatment Plant (IPAL/WWTP).

Dari seorang kontraktor di lokasi proyek, Jumat (14/01/2022), proses pengerjaan IPAL tersebut sudah mencapai 80 persen. “Tidak lama lagi sudah dapat digunakan,” ujar kontraktor yang enggan disebut namanya.

Seorang Warga Desa Sungai Buluh, Iyan mengucapkan syukur dan terimakasih atas adanya proyek tersebut. Dampaknya, akan bermanfaat bagi masyarakat yang kekurangan air bersih selama ini.

“Alhamdulillah, terimakasih sudah dibangunkan IPAL ini. Ini akan sangat bermanfaat bagi warga kami yang kadang kesulitan air bersih,” ungkapnya.

Iyan juga mengatakan bahwa kegiatan IPAL  did esanya sudah hampir rampung, dan hanya tinggal menunggu satu tahap lagi. “Satu tahap lagi yaitu, pemasangan pipa ke rumah-rumah warga,” ungkapnya.

Iyan juga mengatakan sebelumnya kegiatan pembuatan lubang IPAL dan penggalian parit untuk penyambungan pipa-pipa ke rumah warga sudah terlaksanakan.

Terkait pipa yang belum terpasang ke rumah-rumah warga, menurut informasi karena pesanan barang tersebut belum sampai di lokasi. Masih dalam pemesanan, dan kemungkinan dalam satu atau dua minggu ini barang-barang tersebut sudah sampai ke lokasi.

“Ini salah satu hambatan kami untuk kerja, tapi InshaAllah kalau barang sudah sampai di lokasi, kami langsung menyelesaikan pekerjaan pemasangan pipa ke rumah-rumah warga ini,” ujar seorang kontraktor lainnya.

Selanjutnya, untuk pemanfaatan IPAL, masyarakat masih menunggu instruksi dari Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Karimun.

Untuk diketahui IPAL adalah sebuah struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat.

Fungsi IPAL pada pengolahan air limbah yang bisa berasal dari limbah pertanian, untuk membuang kotoran hewan, residu pestisida, dan sebagainya dari lingkungan pertanian.

Fungsi IPAL pada pengolahan air limbah perkotaan, untuk membuang limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya.

Dan Fungsi IPAL lainnya pada pengolahan air limbah industri, untuk mengolah limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan.(rud)