Gambar Vaksin Covid-19. (foto kabar24)

Karimun, Lendoot.com – Kabupaten Karimun menerima 280 vial Vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (4/5/2021).

Ratusan vial vaksin itu rencananya diperuntukkan kepada masyarakat kategori Lanjut Usia (Lansia) dengan usia 60 tahun ke- atas di Kabupaten Karimun.

Orang lanjut usia (lansia) termasuk salah satu kelompok yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi. Program vaksinasi Covid-19 untuk lansia itu tercantum dalam surat edaran (SE) nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda.

“Baru tiba kemarin di Karimun, ada sebanyak 280 vial vaksin yang kita terima,” kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi, Rabu (5/5/2021).

Ia menyebutkan, tahapan vaksinasi Covid-19 untuk usia lanjut akan dimulai pada awal Mei 2021. Saat ini, pihaknya masih akan melakukan rapat membahas kesiapan pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Kita rapat dulu, mengenai kapan perencanaan penyuntikan, bisa besok atau lusa mendatang,” kata Rachmadi.

Rachmadi menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi di bulan suci ramadan 1442 Hijriyah tidaklah membatalkan puasa. Hal itu telah sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 19 tahun 2021.

“Vaksinasi tetap akan di laksanakan pada siang hari meski tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan, tidak harus menunggu sore atau setelah berbuka puasa,” jelasnya.

Rachmadi mengimbau kepada masyarakat lansia untuk memahami bahwa vaksin jenis sinovac ini sangat aman. Masyarakat juga tidak perlu khawatir akan memberikan dampak berbahaya kepada kesehatan mereka.

“Tidak usah khawatir, pastinya sebelum di lakukan penyuntikan vaksin akan di lakukan screening sehingga tidak perlu takut,” himbauanya.

(rko)