Tentara khitan anak berkebutuhan khusus di TMMD di Kecamatan Sri Tanjung Gelam. (msaI

Karimun, Lendoot.com – Selain kegiatan fisik, seperti bedah rumah, perbaikan dan pelebaran jalan, serta kakus umum, Tim Satgas Kesehatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022 Kodim 0317/Tanjungbalai Karimun juga menggelar pelaksanaan kegiatan nonfisik.

Salah satunya, berupa kegiatan khitanan kepada seorang warga Desa Parit I, Kecamatan Selat Gelam bernama Jefri (15). Khitan ini terasa spesial karena yang dikhitan merupakan anak berkebutuhan khusus putra dari seorang warga, Umar .

“Alhamdulillah, kami sekeluarga sangatlah terbantu dengan adanya khitanan tanpa dipungut biaya apapun,” ujar Umar usai acara khitan tersebut.

Umar, tergolong keluarga tidak mampu untuk mengkhitankan putranya tersebut mengingat kehidupan ekonomi keluarganya yang terbilang pas-pasan.

“Kami tidak mampu untuk melakukan khitanan, karena tidak ada biaya. Terimakasih Bapak-bapak TNI yang sudah peduli terhadap putra kami,” ujarnya.

Salah satu anggota Tim Kesehatan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022 Kodim 0317/Tanjungbalai Karimun, Sertu Rudi menjelaskan bahwa, pada pelaksanaan kegiatan khitanan kepada salah satu warga ini merupakan implementasi dari program Non Fisik TMMD ke- 114 Kodim 0317/ Tanjungbalai Karimun di bidang kesehatan masyarakat.

“Dengan melaksanakan kegiatan khitanan ini, kami dari Tim Satgas Kesehatan berharap akan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di bidang kesehatan, yakni dengan cara sirkumsisi,” kata Sertu Rudi.

Untuk itu dirinya bersama dengan Satgas Kesehatan TMMD selalu berkoordinasi dengan Puskesmas setempat.

“Guna selalu melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan bocah yang dikhitan, sekaligus melakukan pemeriksaan secara berkala, mengingat anak yang dikhitan ini memiliki kebutuhan khusus,” paparnya. (msa)