Abdul Ikhlas Rezeki Arafat dan Misri, dua pelajar SMKN Kundur membawa nama sekolahnya sebagai juara II tingkat nasional pada ajang FIKSI siswa SMK se Nasional tahun 2022. (istimewa dokSMKNKundur)

Karimun, Lendoot.com – Prestasi membanggakan ditorehkan dua siswa SMK Negeri Kundur Kabupaten Karimun.  Keduanya berhasil meraih juara 2 di ajang Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMK tingkat nasional tahun 2022.

Adalah Abdul Ikhlas Rezeki Arafat sebagai ketua tim, yang merupakan siswa kelas XI Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan. Satu lagi, Misri sebagai anggota yang merupakan siswi kelas XII Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan.

Kedua siswa SMK Negeri Kundur ini berhasil berinovasi terhadap teknologi pengolahan limbah tebu dan batang pisang menjadi pupuk. Inovasi keduanya diberi nama KOMPLI.

Prestasi tersebut membuat guru pembimbingnya, Harja Saputra berbangga hati. Pasalnya, untuk menempati juara kedua tingkat nasional bukan perkara mudah. Juga tidak mudah mempertahankan eksistensi serta prestasi sekolah, yang saingannya terbilang cukup banyak.

 “Alhamdulillah tahun ini anak kami bisa menjadi juara. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami. Semoga tahun depan, bisa lebih dari sekarang,“ ujar Harja.

FIKSI SMK merupakan perlombaan di bidang inovasi dan wirausaha yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Pusresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 SMK Kundur sendiri  mengutus empat tim yang berhasil sampai ke babak semi final. Terakhir lewat  inovasi dari tim KOMPLIT ini akhirnya masuk ke babak final dan berhasil meraih juara II tingkat nasional. (msa)