news.unair..ac.id

Lendoot.com – Jika seorang istri mendapat perlakukan kasar suaminya, bahkan sering melakukan siksaan fisik, seperti memukul atau sejenisnya.

Bagaimana seharusnya si istri harus bersikap? Berikut jawaban menurut kacamata Islam.

Melihat kasus suami yang suka memukuli istri bahkan anak-anaknya, tentu perlakuannya ini termasuk melanggar perintah Allah.

BACA JUGA! Dr Saddam Ismail: Es Batu Untuk Biaya Perawatan Wajah Murah Meriah dan Sehat

Semestinya seorang suami adalah memperlakukan istri dengan baik, dan menggauli istri dengan cara terbaik.

Islam mengatur berbagai permasalahan kehidupan sehari-hari, termasuk dalam persoalan pernikahan tentang talak atau perceraian.

Syekh Ibnu Utsmain dilansir dalam buku Fikih Kontemporer: Wanita dan Pernikahan menjawab pertanyaan istri yang sering dipukuli oleh suaminya setiap kali masuk rumah.

Untuk permasalahan yang membuat istri akhirnya sampai tidak tahan dengan perlakuan suami, maka sudah menjadi hak istri untuk meminta talak atau tidak.

BACA JUGA! HUT ke-22 Kabupaten Karimun Dapat Hadiah ini

Namun, ada nasihat dari Syekh Ibnu Baz dalam buku yang sama yaitu sebaiknya menasihati suami terlebih dahulu dengan cara yang baik dan juga mendoakannya agar mendapat hidayah dari Allah SWT.

Apabila tetap tidak berubah juga, maka silakan melakukan talak sesuai prosedur yang berlaku sesuai hukum di wilayah tersebut Wallahu a’alam.

Semoga artikel jawaban mengenai perlakuan suami yang kasar dan suka memukul ini bermanfaat.

Menurutnya, tidak termasuk menggauli istri dengan baik apabila suami masuk rumah dalam keadaan marah, membentak, menghardik, dan memukul.

BACA JUGA! Febri Wakili Kepri Jadi Finalis Ajang Dendang Syair Internasional! Ayo Kita Dukung

Perlakuan kasar ini tidak akan dilakukan oleh orang berakal sehat, tapi dilakukan oleh orang-orang berakal lemah rendah nilai-nilai agamanya.

Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban suami untuk masuk rumah dengan hati yang lapang, dan memperlakukan istri serta anak-anaknya dengan baik. Maka niscaya kebahagiaan datang menghampirinya.

Sebagaimana sabda Rasulullah dalam sebuah hadits yang artinya:

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya, dan aku adalah orang terbaik di antara kalian kepada keluargaku”.***

Artikel ini telah tayang di sragenupdate.pikiran-rakyat.com dengan judul
Dalam Islam, Istri Berhak Minta Cerai Jika Suami Kasar Tapi Perlu Lakukan Hal ini Lebih Dulu