Wakil Bupati Karimun Cek Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Polres Karimun. (Foto : ist)

Karimun, Lendoot.com – Jajaran Kepolisian Resor Karimun menggelar Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (21/11/2022).

Gelar pasukan dipimpin langsung Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dengan didampingi Wakapolres Karimun Kompol Syaiful Badawi, Dandim 0317/Tbk Letkol Inf Budianto Hamdani Damanik, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Joko Santoso, serta dihadiri pimpinan dan personel TNI-Polri, Dishub, Damkar, Basarnas, Tagana, Dinas Kesehatan dan BMKG Karimun.

Apel gelar pasukan Persiapan Kesiagaan Bencana Alam itu, dimulai dengan melakukan pengecekkan pasukan dan perlengkapan sarana pendukung dalam penanganan bencana alam yang terdiri dari peralatan SAR.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengajak seluruh Instansi terkait untuk bersama- sama mengantisipasi secara dini penanganan bencana alam.

“Lakukan pendataan daerah rawan longsor, banjir, gempa bumi dan lainnya. Selain itu, turut lakukan pendataan terhadap jumlah bangunan dan penduduk yang tinggal di daerah rawan,” kata Anwar Hasyim.

Lanjut Wabup, kepada seluruh petugas juga diintruksikan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam untuk selalu waspada dan mengambil langkah antisipasi terhadap kondisi alam.

“Seluruh stakeholder saling bekerjasama untuk menyiapkan tempat pengungsian dan bantuan berupa sembako, obat-obatan dan tenaga medis dalam rangka penanggulangan para korban bencana alam,” katanya.

Wabup Anwar juga meminta kepada instansi terkait untuk menyiapkan secara dini kekuatan personil dan sarana serta prasarana dalam mengahadapi adanya bencana alam.

“Memberikan pelatihan terhadap personel tentang tata cara penanggulangan bencana alam dan lakukan mitigasi di wilayah rawan terjadinya bencana alam dengan pembuatan rambu-rambu jalur evakuasi untuk mengarahkan masyarakat menuju titik kumpul atau area aman dari bencana,” katanya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Polres Karimun yang telah melaksanakan kegiatan ini dan sebagai upaya kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam di Kabupaten Karimun,” katanya.

(rko)