Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano larutkan ratusan gram sabu dengan air panas. (Foto : Humas Polres Karimun)

Karimun, Lendoot.com – Satuan Reserse dan Narkoba (Satresnarkoba) Polres Karimun larutkan ratusan gram narkotika jenis sabu- sabu dengan air panas, Sabtu (2/7/2022).

Ratusan gram sabu- sabu itu merupakan hasil penindakan Satresnarkoba Polres Karimun atas perkara penyeludupan narkotika jaringan Nusa Kambangan yang di tangkap pada awal Juni lalu.

Pemusnahan barang bukti itu, berdasarkan putusan Kejaksaan Negeri Karimun nomor: SK-1116/L.10.12/ENZ.1/06/2022 tanggal 7 Juni 2022 tentang ketetapan status barang sitaan narkoba yang akan dimusnahkan.

Pemusnahan barang bukti itu dipimpin langsung Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano di halaman Mapolres Karimun. Turut hadir dalam pemusnahan tersebut, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Karimun, Rutan Karimun dan tokoh masyarakat.

“Berat awal BB yang diamankan dari pelaku 1.007 gram. Namun 32 gram sisihkan untuk keperluan forensik,” ujar Kapolres Karimun, AKBP Toni Pantano.

AKBP Toni menyebutkan, pemusnahan barang bukti sabu itu dilakukan dengan cara direndam ke air panas hingga larut dan tidak dapat dikonsumsi.

“Untuk proses pemusnahan kita lakukan dengan cara dilarutkan ke dalam air mendidih selanjutnya dibuang ke dalam septi tank,” ujarnya.

Kasat Narkoba Polres Karimun AKP Elwin Kristanto menjelaskan jika pelaku S yang diamankan sebelumnya merupakan jaringan peredaran narkoba di Lapas Nusa Kambangan.

“Pelaku ini jaringan Nusa Kambangan dan begitu di Karimun berhasil kita amankan,” kata Elwin.

Elwin juga menambahkan, peran pelaku dalam kasus ini yakni sebagai kurir. Atas perbuatannya pelaku dijerat pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

“Termasuk juga ancaman denda Rp 1 miliar sampai dengan Rp 10 miliar,” tutupnya.

(rko)