Seorang siswa sedang diperiksa petugas sekolah di SDN 001 Tebing yang menerapkan protokol kesehataan saat masuk pertama sekolah tatap muka, belum lama ini. (msarih)

Karimun, Lendoot.com – Pengumuman Seleksi Kompetensi tahap I Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga pendidik tahun 2021 harus dilakukan penundaan, Jumat (24/9/2021).

Penundaan itu berdasarkan pengumuman nomor 5363 /B/GT.01.00/2021 tentang penundaan pengumuman hasil seleksi kompetensi I Guru ASN-PPPK tahun 2021 yang dikeluarkan  Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kamis (23/9/2021).

Seharusnya, direncanakan hasil Kompetensi I Guru ASN-PPPK tersebut akan diumumkan pada Jumat (24/9/2021). Namun karena pertimbangan beberapa hal, terpaksa harus dilakukan penundaan hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca Juga! Tren Positif Covid Menurun, Pemkab Karimun Tinjau Kembali Aturan Pembatasan

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun Provinsi Kepri Fajar Horison mengatakan, pihaknya baru pada Jumat (24/9/2021) menerima surat dari Panselnas terkait penundaan tersebut.

“Seharusnya hari ini pengumumannya. Tetapi, karena beberapa pertimbangan maka harus diundur,” kata Fajar, Jumat (24/9/2021).

Fajar mengatakan pengunduran pengumuman hasil seleksi kompetensi I itu diusulkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadim Makarim setelah pertemuan bersama Komisi X DPR RI pada Kamis (23/9/2021).

“Usulan dari Mendikbud. Kita belum tau alasannya, karena sampai saat ini kita belum menerima penjelasan dan baru mendapat surat serta informasi dari media nasional,” katanya.

BACA JUGA! Dengan 3 Ramuan Rahasia Sederhana ini! Bikin Suami Selalu Betah di Rumah

Berdasarkan informasi, penundaan itu disebabkan oleh Panselnas masih memproses pengolahan data hasil tes PPPK guru yang dilaksanakan 13 sampai 18 September.

Kemudian, ada sejumlah masukan dari berbagai kalangan termasuk Komisi X DPR RI untuk penambahan afirmasi. (rko)