Paul McCartney The Beatles. (cheetsheet)

Sir James Paul McCartney, CH MBE (lahir 18 Juni 1942) merupakan penyanyi berkebangsaan Inggris. Ia terkenal sebagai salah satu personil The Beatles.

Bersama John Lennon di dekade 1960-an, ia membentuk partnership pencipta lagu paling sukses. Ia masih aktif bermusik dan sebagai musikus hingga kini, pendapatannya adalah salah satu yang tertinggi di Inggris.

Setelah The Beatles bubar, McCartney bersama istrinya, Linda McCartney membentuk grup musik Wings yang cukup sukses di medio tahun 1970-an. Setelah Wings bubar, ia bersolo karier hingga sekarang.

McCartney tercatat sebagai musisi dan pencipta lagu tersukses sepanjang masa. Lagu Yesterday yang ditulisnya pada tahun 1964 menjadi lagu yang paling sering dinyanyikan kembali dan diputar di radio Amerika Serikat.

McCartney juga aktif dalam kegiatan pembelaan hak hewan dan vegetarianisme, terutama dalam PETA, bersama istri dan anak-anaknya. Ia juga menulis, seperti dalam buku kumpulan puisi dan liriknya ‘Blackbird Singing’, dan juga seorang pelukis.

James Paul McCartney lahir di Walton General Hospital di Liverpool, Inggris, tanggal 18 Juni 1942. Ibunya, Mary, bekerja sebagai perawat di rumah sakit tersebut.

McCartney memiliki seorang adik laki-laki, Michael, yang lahir pada tanggal 7 Januari 1944. McCartney dibaptis dalam agama Katolik Roma, tetapi dibesarkan tanpa pengaruh kental agama tersebut, karena ibunya seorang Katolik Roma dan ayahnya, James ‘Jim’ McCartney, adalah seorang Protestan yang kemudian menjadi agnostik. McCartney memiliki keturunan Irlandia.

  Ayah McCartney adalah seorang peniup terompet dan juga pianis, yang memimpin ‘Jim Mac’s Jazz Band’ pada tahun 1920-an, dan mendidik kedua anaknya dengan musik. Jim memiliki piano di rumahnya, dan kakek McCartney, Joe, bermain tuba. Jim pernah membelikan putranya terompet, tetapi ketika musik skiffle populer di Liverpool, McCartney menukarnya dengan gitar akustik Zenith..

 McCartney menemukan bahwa ia kidal ketika ia terus kesulitan bermain dengan tangan kanan. McCartney menulis lagunya yang pertama ‘I Lost My Little Girl’ dengan gitar Zenithnya, dan menggunakan gitar ayahnya saat menulis lagu-lagu pertamanya dengan John Lennon.

Ia kemudian bermain piano dan menulis ‘When I’m Sixty-Four’, yang kemudian menjadi salah satu lagu The Beatles di album Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band yang terkenal. Ayahnya menyarankan untuk mengambil pelajaran musik, yang dituruti oleh McCartney. Namun McCartney kemudian menyadari bahwa ia lebih mampu belajar ‘dengan telinga’ dan tidak pernah memperhatikan kelas musiknya. (wikipedia.org)