aja Azmi, Ketua IPM-PT Saipem Indonesia Karimun Yard saat menyampaikan bantuan kepada seorang yatim, beberapa hari lalu. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Kepedulian terhadap sesama, khususnya kepada masyarakat kurang mampu atau dhuafa dan yatim dan yatim-piatu ditunjukkan ribuan karyawan PT Saipem Indonesia Karimun Yard (PT SIKY), khususnya karyawan yang beragama Islam.

Mereka yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Muslim (IKM) PT SIKY berinisiatif menyisihkan penghasilan mereka yang dikumpulkan dalam satu wadah bersama. Kemudian dana itu didonasikan kepada anak yatim dan kaum dhuafa. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya

Jumlah karyawan PT SIKY saat ini diperkirakan sudah mencapai lebih dari 6.000 karyawan, dan sekitar 5.000-nya merupakan muslim. Karyawan yang tergabung di IKM PT SIKY terdiri dari karyawan PT SIKY itu sendiri dan agency.

Raja Azmi ST, Ketua IKM PT SIKY mengatakan, kepedulian karyawan PT SIKY membantu sesamanya cukup tinggi. Ini terlihat dari cukup besarnya jumlah donasi  yang terkumpul hanya dalam hitungan belasan hari atau sekitar dua minggu.

“Alhamdulillah, respons dan kepedulian teman-teman karyawan sangat bagus. Sejak awal puasa lalu, atau sekitar dua minggu sudah terkumpul Rp74 juta lebih,” ujar  Raja Azmi kepada Lendoot.com.

Ramadan tahun ini, katanya, menjadi momentum karyawan PT SIKY menyampaikan kepeduliannya kepada masyarakat yang membutuhkannya, terlebih lagi, katanya, saat ini ekonomi masyarakat kebanyakan sedang terpuruk.

Penerima manfaat, atau objek yang dibantu dari dana iuran itu di antaranya yatim, yatim-piatu katagori usia  maksimum 12 tahun dan dhuafa. “Pendataan penerima manfaat infonya dari karyawan PT SIKY sendiri. Khususnya yatim, yatim-piatu dan dhuafa  yang ada di sekitar lingkungan karyawan. Syaratnya dengan melampirkan fotocopy KK,” jelas Raja Azmi.

Raja Azmi mengatakan besarannya bantuan itu sebesar Rp500 ribu per jiwa. Saat ini baru yatim, yatim-piatu yang ada di Pulau Karimun. “Rencana ke depan kalau diberi kesehatan dan keberkahan rejeki , kita akan buat lebih besar lagi,” terangnya.

Tujuan  kegiatan itu, tambah Azmi, untuk meringankan beban masyarakat  terutama untuk anak  yatim, yatim-piatu dan dhuafa, khususnya saat akan menyambut Hari Raya Idul Fitri ini. Terutama juga bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian karyawan PT Saipem terhadap masyarakat yang membutuhkannya.

Mengenai teknis pelaksanaan pendistribusian bantuan, jelasnya, tidak dengan  menggelar acara keramain mengingat saat ini masih masa pandemi Covid-19. “Dan kita tetap menjalankan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Tak lupa juga beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada management PT SIKY karna telah memberi kesempatan untuk dibentuknya wadah kerohanian ini dengan nama Ikatan Kelurga Muslim PT Saipem Indonesia Karimun Branch (IKM-PT SIKB) pada saat itu, atau tepatnya pada 8 Juli 2013 silam

Yang kedua ucapan terima kasih kepada pengurus masjid Al Hadiid PT SIKY dan para jamaah serta seluruh karyawan atas partisipasi dalam penggalangan dana tersebut. “Semoga ini menjadi ladang amal buat kita semua. Aamiin,” tutup Raja Azmi.  (msa)