Karimun, Lendoot.com – Sebuah kapal pengangkut kopra atau daging kelapa asal Sungai Guntung, Kabupaten Indra Giri Hilir, Provinsi Riau tenggelam di Perairan Pulau Pisang, Rabu (10/11/2021).

Kapal Kapal Firman Jaya 3 bermuatan 180 Ton Kopra tersebut dihantam ombak dan tenggelam. Lima Anak Buah Kapal (ABK) selamat, setelah dibantu kapal SPOB Tirta yang kebetulan melintas di perairan tersebut.

Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Binsar Samosir mengatakan, Kapal Firman Jaya 3 mengalami kecelakaan laut setelah dihantam ombak di sekitar perairan Pulau Pisang Kabupaten Karimun.

“Kami mendapatkan informasi bahwa telah terjadi kecelakaan laut sekira pukul 10.30 WIB Rabu kemarin. Kapal bermuatan Kopra itu tenggelam setelah dihantam ombak di Perairan Pulau Pisang,”  kata Binsar, Rabu (10/11/2021) malam.

Ia mengatakan, kapal Firman Jaya 3 mengangkut 180 Ton Kopra dari Sei Guntung, Kabupaten Indra Giri Hilir menuju ke Malaysia. Namun, saat sampai di perbatasan Kabupaten Meranti dan Karimun kondisi cuaca buruk dan kapal dihantam ombak hingga pecah.

“Kapal tenggelam dan tidak dapat dievakuasi.  Sedangkan 5 orang ABK berhasil selamat setelah dibantu kapal SPOB Tirta yang ketika itu melintas di perairan tersebut,” katanya.

Binsar menyebutkan, kondisi kelima ABK Kapal Firman Jaya 3 itu dalam kondisi sehat. Kelimanya, kemudian dievakuasi ke Karimun untuk mendapatkan bantuan kesehatan lebih lanjut, sebelum dipulangkan ke daerah asal.

“Kami mengimbau untuk pengguna transportasi laut tetap berhati- hati. Saat ini, kondisi cuaca memang sedang tidak baik, sehingga diperlukan kewaspadaan,” katanya. (rko)