Bea Cukai Batam Sita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal, Ada dari AS hingga Singapura. (Foto: dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Beberapa perokok yang awam terhadap rokok ilegal biasanya menganggap bahwa rokok yang berharga murah, adalah rokok ilegal.

Hal ini tidak semestinya benar, sebab ada beberapa rokok harganya murah namun tetap tidak termasuk dalam rokok ilegal.

Ciri ciri rokok ilegal yang disebutkan Kepala Kantor KPPBC Type Madya B Tanjung Balai Karimun Agung Mahendra Putra melalui Bagian Humas Winarto, rokok ilegal itu biasanya dipakaikan pita cukai palsu.

Rokok ilegal juga terkadang ditempelkan dengan pita cukai yang berbeda atau sah dari negara. Ada juga rokok dengan pita cukai bekas. Rokok polos atau tanpa pita cukai sudah jelas sebagai rokok ilegal.

Berdasarkan temuan rokok polos menjadi modus yang paling sering ditemukan di wilayah Karimun

“Alasan para pedagang masih menjual rokok ilegal salah satunya keuntungan yang lumayan besar dan permintaan dari masyarakat yang masih tinggi. Harga rokok ilegal murah dikarenakan tidak adanya cukai sebagai pungutan negara yang diberikan kepada barang kena cukai tersebut.”

“Pihak produsen tidak memberikan kontribusi kepada negara dan merugikan produsen yang telah mengikuti aturan sesuai undang undang yang berlaku,” terang Winarto.

Ke depannya, dengan kegiatan Operasi Gempur Rokok Ilegal diharapkan peredaran rokok ilegal berkurang dan bisa berhenti diperjualbelikan agar negara tidak dirugikan.

“Pihak Bea Cukai sendiri terus berupaya melakukan pengawasan sesuai fungsinya yaitu community protector agar rokok dan MMEA ilegal tidak lagi beredar di Indonesia,” pungkas Winarto. (msa)