Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 14 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun ikuti tahapan Penilaian Makalah dan Wawancara Seleksi Pejabat Eselon II.b digelar di Ruang Cempaka Gedung Pemerintahan Kabupaten Karimun, Sabtu (8/1/2022).

Tahapan Penilaian Makalah dan Wawancara itu akan digelar selama dua hari pada 8-9 Januari 2022 dan langsung dipimpin Ketua Panitia Pelaksana Drs Firdaus dari Universitas Riau, Provinsi Riau.

Selain penilaian makalah dan wawancara, para peserta seleksi itu juga diberikan Tes Baca Al-Quran.

Tes tersebut dilangsungkan hampir bersamaan pada dua ruangan berbeda dengan masing-masing penguji sekitar 7 orang.

“Hari ini dan besok kita gelar tes baca alquran 14 pejabat yang ikut open bidding lelang jabatan Kadis di Karimun. Hari ini juga dilakukan tahapan pemaparan makalah yang dibuat oleh 14 orang tersebut,” ujar Sekretaris Daerah Karimun, Muhammad Firmansyah saat ditemui disela-sela tes.

Firman menyebutkan, seleksi tersebut akan berlangsung hingga malam hari, tergantung dari Panelis.

“Mungkin ini sampai malam, karena jadwal kami hanya sampai besok,” katanya.

Para peserta yang ditemui di lokasi tes juga menyampaikan hal yang sama, Seperti Peserta Seleksi Calon Kepala Dinas Perhubungan Karimun Afrian, ia mengatakan dirinya baru dijadwalkan untuk mengikuti tes sekira pukul 16.00 Wib nanti.

“Saya baru nanti sore sekira 4 sore, jadi saya balik dulu lah,” ujar Afrian, seorang peserta seleksi calon Kepala Dinas Perhubungan Karimun.

Afrian mengatakan, untuk seleksi calon Kadishub, dirinya bersaing dengan 4 kandidat lainnya yakni Cahyo dari Kabid di Dinas PUPR Karimun, Basori Kabag Umum Setdakab Karimun, Dedi Sahori Sekretaris Badan Penanggulang Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Karimun.

“Ini kedua kali yang saya ikuti, sebelumnya tahun 201u lalu juga pernah ikuti Open Bidding untuk jabatan yang sama,” katanya.

Ditanya peluangnya terpilih, pria yang saat ini menjabat Sekretaris Dinas Perhubungan Karimun itu mengatakan, akan berupaya sebaik mungkin memberikan yang terbaik.

“Berusaha saja yang terbaik, sisanya serahkan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Hal hampir senada juga dikatakan Helmi, pejabat peserta seleksi calon Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Karimun. Ia dijumpai disela- sela tes, mengaku baru akan menjalani tes baca ayat suci Al-quran sore nanti.

Berbeda dengan Afrian, Helmi hanya berdua dengan Dedi Sahori untuk bersaiang pada seleksi calon Kadiskominfo Karimun.

“Setahu saya cuma saya dan Dedi Sahori,” ujar Helmi seraya berlalu pergi.

Hasil seleksi rencananya akan diserahkan Pansel kepada Bupati Karimun Aunur Rafiq pada Senin (10/1/2022) besok.

Satu jabatan, pansel akan merekomendasikan 3 nama peserta kepada Bupati Karimun Aunur Rafiq untuk kemudian dipilih sebagai Kepala OPD definitif.(rko)