Kapal nelayan saat melintas di perairan Karimun, belum lama ini. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Cuaca yang cukup ekstrem saat-saat ini sangat berpotensi membahayakan keselamatan nelayan, khususnya di Perairan Karimun. Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Karimun berikan peringatan kepada para nelayan untuk tetap meningkatkan kewaspadaan saat melaut.

“Kami mengimbau nelayan untuk terus berhati-hati dan utamakan keselamatan di laut,” kata Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Binsar Samosir, Selasa (24/11/2020).

Selain keselamatan kerja, para nelayan juga diingatkan agar selalu memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), guna memastikan waktu yang tepat untuk melaut.

“Dengan meningkatkan kewaspadaan dini, kita berharap tidak ada kecelakaan di laut melibatkan nelayan. Mengingat kondisi cuaca saat ini berubah-ubah, dan juga akhir tahun ini rawan akan kecelakaan laut,” katanya.

Selain itu, Binsar meminta kepada nelayan untuk selalu membawa perlengkapan keselamatan saat hendak melaut seperti life jacket serta membawa alat komunikasi yang dapat digunakan ketika terjadi sesuatu di laut.

“Selalu sediakan life jacket serta membawa alat komunikasi. Ini penting,” katanya.

Binsar mengatakan, apabila terjadi kecelakaan laut atau kondisi cuaca tiba- tiba buruk, nelayan diharapkan dapat saling berkoordinasi bersama nelayan lainnya atau meminta pertolongan kepada petugas Satpolairud Polres Karimun serta Pos AL terdekat.

“Apabila kondisi cuaca buruk saat di laut, langsung mencari pulau terdekat untuk beristirahat hingga cuaca normal. Apabila terjadi apa- apa segera laporkan kepada kita Satpolairud Polres Karimun atau Pol AL terdekat,” katanya.

Ia juga menyebutkan, Satpolairud Polres Karimun terus berupaya meningkatkan pengawasan dan patroli rutin untuk mengantisipasi adanya kejadian di laut. Selain itu, pihaknya juga telah memberikan imbauan secara langsung krpada nelayan dan membagikan sejumlah life jacket.

“Ini juga kerap kali kita sampaikan kepada nelayan dalam patroli rutin, kita juga baru- baru ini ada membagikan life jacket. Ini bentuk kepedulian kita, karena keselamatan nelayan itu salah satu perhatian kita,” katanya. (rko)