Karimun, Lendoot.com – Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan menggelar giat Vicon serentak Ketahanan Pangan Nusantara serta Panen raya bersama Kapolri dan Panglima TNI di Mapolsek Tebing, Polres Karimun, Kamis (9/7/2020).

Dalam Vicon tersebut dihadiri Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, Kasat Reskrim, AKP Herie Pramono, Kapolsek Tebing AKP Fian Agung Wibowo, Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono dan PS. Kasi Propam Polres Karimun Aiptu Omzi.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan giat panen raya Polres Karimun dalam rangka ketahanan pangan di masa Pandemi Covid-19 menuju new normal di Mapolsek Tebing, Meral dan Mapolsek Balai Karimun.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, panen ikan lele ini sebanyak 1000 ekor yang diternak di halaman Mapolsek Tebing dengan luas kolam 50 M² sejak 10 Maret 2020.

Setelah itu juga dilakukan panen sayur Sawi dan Kangkung yang di tanam di halaman parkiran (aquaponik) Mapolsek Tebing sebanyak 1000 batang dengan menggunakan drum bekas sebanyak 50 buah dengan luas lahan 1600 M² yang mulai ditanam sejak 2 Juni 2020.

“Dari hasil panen tadi kita berikan kepada masyarakat. Setelah itu kita kembali melakukan penebaran benih Ikan Nila sebanyak 500 ekor di kolam ikan yang berada di Halaman Mako Polsek Tebing,” ujarnya.

Adenan menambahkan, setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan panen ikan lele di kerambah milik Polres Karimun yang berada di lokasi Paya Manggis Kecamatan Meral sebanyak 5000 ekor dengan menggunakan 80 kerambah dengan luas kerambah 1600 M² yang diternak sejak 15 Maret 2020.

“Setelah panen lele dan sayur di Mapolsek Tebing, dilanjutkan panen lele di kerambah milik Polres Karimun yang juga kita bagikan kepada masyarakat. Jadi untuk total hasil panen raya Polres Karimun, ikan lele sebanyak 6000 ekor, Sayur sawi 1000 ikat, Sayur kangkung 700 ikat dan penebaran bibit ikan nila sebanyak 500 ekor,” tambahnya. (rnd)