Seorang polisi sedang menyerahkan dokumen kepoliaian kepada warga dengan aplikasi Poka. (ist)

Karimun, Lendoot.com- Guna mencegah penyebaran Covid-19, Polres Karimun menerapkan aplikasian Poka atau Polisi Karimun. Dengan Poka, maka masyarakat bisa beradaptasi atas kebiasaan baru yang mengharuskan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

Dengan Poka, maka pengurusan dokumen kepolisian di Karimun khususnya dapat dilakukan dari rumah saja. Masyarakat hanya perlu mengakses aplikasi Polisi Karimun (Poka) yang kini telah tersedia di layanan aplikasi berbasis android.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, aplikasi POKA telah disiapkan untuk melayani masyarakat dalam urusan pengurusan dokumen- dokumen kepolisian.

“Aplikasi android yang bernama POKA terintegrasi berbagai pelayanan publik untuk memudahkan pelayanan terhadap masyarakat secara online yang dapat didowload secara gratis di Playstore,” kata Adenan, Senin (10/8/2020).

Ia menjelaskan, cara kerja aplikasi POKA, masyarakat yang akan melakukan pengurusan tidak perlu datang ke Mako Polres Karimun.

“Cukup mengisi data formulir pada aplikasi tersebut maka petugas akan memverifikasi data dan memproses permohonan dari masyarakat serta akan mengantarkan langsung produk permohonan tersebut kepada masyarakat secara door to door,” katanya.

Adenan menyebutkan, adapun layanan yang tersedia di POKA antara lain, layanan SPKT, Layanan Intelkam, Layanan Reskrim, Layanan Lantas, Layanan Sabhara dan Layanan Humas.

Lebih jauh Adenan menjelaskan, seperti layanan SPKT dengan fitur laporan kehilangan barang, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor polisi. Cukup mengisi data serta mengupload persyaratan melalui aplikasi secara online. Hal itu sama dengan layanan SKCK dan layanan lainnya.

“Hadirnya Aplikasi POKA ini masyarakat Karimun dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan layanan publik terutama bagi masyarakat yang mungkin dalam waktu kondisi tertentu tidak dapat datang ke Polres Karimun dan tentunya dengan aplikasi POKA ini sebagai langkah upaya perhatian Polri memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat diera digital saat ini dan juga upaya mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Adenan. (rk)