Rachmadi, Kadinkes Karimun. Foto diambil beberapa waktu lalu sebelum Covid-19.

Karimun, Lendoot.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Karimun melakukan tracing terhadap kontak erat enam pasien positif Covid-19.

Langkah tracing itu dilakukan untuk mencegah penyebaran atau memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karimun.

Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Juru Bicara Tim Gugus Tugas Rachmadi mengatakan, proses tracing telah dilakukan pihaknya sejak Minggu (9/8/2020) kemarin.

“Kemarin kita telah melakukan tracing terhadap 19 orang warga Karimun kontak erat enam pasien positif Covid-19. Terhadap mereka kita lakukan rapid test dengan hasil keseluruhannya non reaktif,” kata Rachmadi, Senin (10/8/2020).

Rachmadi menjelaskan, selain 19 orang warga Karimun, proses tracing dilanjutkan ke wilayah Tanjungbatu pada Senin (10/8/2020). Selain rapid test, orang-orang kontak erat ini juga dilakukan pemeriksaan swab untuk memastikan mereka tidak terpapar Covid-19.

“Tim hari ini gerak ke Tanjungbatu untuk tracing disana. Orang- orang yang kita tracing ini, selain di rapid test juga dilakukan pemeriksaan swab untuk lebih memastikan apakah mereka bebas Covid atau tidaknya,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak panik akan temuan kasus baru Covid-19 ini. Ia berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan mengurangi aktifitas di luar rumah.

“Kita imbau yang terpenting masyarakat menerapkan Protokol kesehatan. Sering- sering cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak. Sementara ini kita minta jangan berkumpul dulu, apabila ada urusan penting sekalipun tetap jaga jarak,” katanya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, sejauh ini sudah tercatat 13 kasus positif Covid-19 ditemukan di Karimun, diantaranya 6 orang telah dinyatakan sembuh, 7 lainnya kini masih menjalani perawatan medis. (rk)