Karimun, Lendoot.com – Muhammad Toriq asal SD 004 Bukit Senang, Kabupaten Karimun mendapat Juara Harapan I dalam kejuaraan baca puisi Festival dan Lomba Literasi Nasional Tingkat Sekolah Dasar (FL2N-SD).

FL2N-SD yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Kota Tanggerang Selatan pada tanggal 22 hingga 29 Juli 2019 itu diikuti sebanyak ribuan peserta dari Sekolah Dasar se-Indonesia.

“Muhammad Toriq berhasil mendapat juara Harapan I dan membawa nama Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri dalam kejuaraan FL2N-SD Kemendikbud kemarin di Jakarta. Alhamdulillah dari seribu lebih peserta kemudian disaring menjadi 34, akhirnya Toriq mendapat juara itu,” kata Pelatih Tohiq, W.r Adji, Senin (19/8/2019) sore.

Sebelum mengikuti FL2N-SD ini Toriq diketahui sering mengikuti event baca puisi ditingkat Kabupaten di Provinsi Kepri dan pernah juara di event tersebut.

“Toriq ini anak yang berbakat, dia juga sering mengikuti event baca puisi ditingkat Kabupaten di Kepri. Bakat Toriq terlihat saat dengan mudah dia menyerap apa saja yang saya terapkan,” ujar Adji.

Dengan dinyatakan Toriq sebagai Juara Harapan I, Adji mengharapkan kedepan lebih mengembangkan kreativitas dibidang sastra khususnya baca puisi.

“Hal ini tentunya dapat memotivasi Toriq untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis, kecintaan terhadap literasi menjadi salah satu sarana dalam membangun karakter, jati diri dan kebanggaan nasional,” harapnya.

Adapun jenis bidang pada Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar ini dalah Lomba Menulis Cerpen, Lomba Baca Puisi, Lomba Cipta Pantun, Lomba Cipta Syair dan Lomba Mendongeng. (riandi)