Karimun, Lendoot.com – Aparat TNI AL melakukan penangkapan terhadap tiga orang kawanan perompak yang beroperasi di wilayah Perairan Pulau Nipah, Senin (16/3/2020) sekira pukul 05.20 WIB kemarin.

Ketiga perompak tersebut diantaranya bernisial JU, WB dan CA. Sedangkan, dua pelaku lainnya berhasil melarikan diri saat akan ditangkap oleh petugas.

Danguskamla Koarmada I, Laksma TNI Yayan Sofian menjelaskan, ketiga pelaku tersebut diamankan karena ingin melakukan perompakan terhadap kapal asing yakni MV. Sam Jaguar, jenis Bukerir berbendera Liberia saat melintas di wilayah antara Timur pulau Karimun dan Barat pulau Nipah pada posisi 01.08.558 U – 103.33.096 T.

“Modus mereka, ada kapal MV. Sam Jaguar berbendera Liberia, kemudian para pelaku berupaya untuk naik, tiga pelaku berada di kapal untuk mencuri,” jelasnya saat menggelar Press Realise di Dermaga Lanal TBK, Senin (16/3/2020) sore.

Yayan Sofian mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan karena adanya awak kapal MV. Sam Jaguar memberikan informasi kepada Otoritas Singapura, dan disampaikan kepada Guskamla Koarmada I. Dua armada milik TNI AL dikerahkan untuk mengamankan kejadian tersebut yakni KRI Siwar-646 dan KRI Halasan-630, dibantu tim F1QR Lanal TBK dan Lanal Batam.

“Saat itu juga kita kerahkan dua KRI, KRI Siwar dan KRI Hasalan. Ketika mata hari terbit, kita kerahkan helikopter BO 105 HE-4108 TNI AL, karena biasa modus pelaku ini menggunakan kapal mesin Hight Speed Craft (HSC),” katanya.

Laksma Sofian juga mengatakan, bahwa pihaknya saat ini sedang memburu dua pelaku lainnya yang berhasil melarikan diri dalam kasus tersebut. Namun identitas kedua pelaku tersebut telah diketahui.

“Seluruhnya lima orang, namun dua melarikan diri. Tetapi identitas sudah kira pegang, nanti lanal bersama instansi terkait melakukan pengejaran,” ujarnya. (rnd)