Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq serius menanggapi Covid-19. Hal ini terlihat saat dirinya menggelar rapat dengan seluruh stakeholder di Kabupaten Karimun, di Gedung Pertemuan RSUD Muhammad Sani, Selasa (17/2/2020).

Diketahui, naiknya status Covid-19 menjadi status Pandemi oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) hingga semakin bertambahnya pasien yang positif terkena virus Corona di indonesia.

Bupati Karimun Aunur Rafiq Mengantakan, rapat yang dilakukan tersebut merupakan menindaklanjuti hasil rapat yang dilakukan sebelumnya bersama Plt Gubernur Kepri, Sekdaprov Kepri dan Wakapolda Kepri

“Hari ini saya lakukan rapat koordinasi untuk menyampaikan hasil-hasil rapat koordinasi yang kita lakukan bersama Plt Gubernur Kepri, Sekdaprov Kepri dan Wakapolda Kepri sebelumnya,” kata Rafiq.

Rafiq mengatakan, hasil rapat koordinasi yang dilakukan di Provinsi sebelumnya adalah sepakat membentuk Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Di Provinsi Kepulauan Riau pada rapat koordinasi sebelumnya sudah dibentuk Tim Gugus Tugas ini yang diketuaiboleh Sekdaprov. Kemudian ditingkat Kabupaten juga harus membentuk Tim Gugus Tugas ini sampai ke Kecamatan, Kelurahan dan Desa,” ujarnya.

Rafiq menjelaskan, Tim Gugus Tugas ini memiliki berberapa tugas yang akan diketuai oleh Sekda Kabupaten Karimun yakni, Muhammad Firmansyah.

“Jadi tim gugus tugas ini akan diketuai oleh Sekda Karimun yang beranggotakan pimpinan OPD dan Instansi terkait. Kemudian tim gugus tugas ini tugasnya adalah melakukan pencegahan ditingkat Kecamatan hingga Kabupaten dan kemudian berkordinasi dengan instansi terkait,” jelasnya.

Rafiq menambahkan, Pemkab Karimun telah menyiapkan sekitar 13 Puskesmas yang ada di Kabupaten Karimun mengenai penanganan Covid-19 ini. (rnd)