Kepala Disdik Karimun saat diwawancari IWO Karimun di Pemkab Karimun, pagi tadi. (ist)
Kepala Disdik Karimun saat diwawancari IWO Karimun di Pemkab Karimun, pagi tadi. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 420/DISDIK.SEKR/232/2020 tentang Upaya Antisipasi dan Penceghan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Senin (16/3/2020).

Surat edaran itu dikeluarkan Dinas Pendidikan atas persetujuan Bupati Karimun Aunur Rafiq untuk menindak lanjuti Interuksi Presiden RI Joko Widodo, Minggu (15/3/2020) kemarin.

Melalui surat edaran itu, terhitung mulai 17 Maret- 21 Maret 2020 siswa pada satuan Pendidikan PAUD/RA, SD/MI, SMP/MTs, PKBM dan LKP se-Kabupaten Karimun dinyatakan libur sekolah dengan proses belajar mengajar dilakukan di rumah.

“Iya kita mengeluarkan surat edaran tersebut hari ini berdasarkan hasil koordinasi bersama Bupati Karimun. Jadi seluruhnya kita liburkan sementara dan proses belajar mengajar di lakukan di rumah melakui sistem tugas,” kata Kepala Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim, Senin (16/3/2020).

Bakri mengatakan, meskipun diliburkan, akan tetapi untuk siswa kelas 9 yang saat ini sedang melaksanakan UAMBN dari tanggal 16 sampai dengan 18 Maret tetap dilanjutkan dan setelah selesai akan disesuaikan mengikuti libur.

“Jadi berhubung kelas 9 masih ujian, tetap di lanjutkan. Dan akan menyesuaikan selesai dari ujian tersebut,” katanya.

Sementara untuk Kepala Satuan Pendidikan, Guru dan Tenaga Kependidikan akan tetap masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja sesuai dengan pemenuhan beban kerja yang telah ditetapkan.

“Tenaga pendidik tetap masuk,”katanya.

Selain itu juga Bakri mengatajan, pihaknya meminta kepada Kepala Satuan Pendidikan dan Jajaran untuk menyampaikan kepada orang tua agar dapat menjaga dan mengawasi anaknya untuk tidak pergi ke tempat umum dan berinteraksi dengan orang ramai.

“Termasuk juga ke luar negeri. Jadi kita betul-betul melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus corona ini,” katanya.

Ia menghimbau kepada seluruh jajarannya, termasuk Satuan Pendidikan di bawah Disdik Karimun dapat menerapkan pola hidup sehat, rajin mencuci tangan, makan- makanan bergizi, Olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Mari bersama-sama kita tekan kan pola hidup sehat. Kesehatan merupakan tanggung jawab bersama,”katanya. (rk)