Karimun, Lendoot.com – Membuktikan diri memiliki sikap toleransi yang kuat, antarlintas agama di Kabupaten Karimun melaksanakan gotong royong bersam membersihkan pekarangan Gereja Santo Joseph, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (14/3/2020).

Momentum kebersamaan ini turut dihadiri aparat TNI-Polri, tokoh lintas agama, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Karimun; FKUB; APKK; PSMTI; ormas Melayu Raya dan masyarakat.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan wujud harmonisasi antar umat beragama di Kabupaten Karimun pasca diterpa isu-isu miring yang terjadi sebelumnya.

“Rasa kekeluargaan yang tinggi dapat kita tunjukan, bahwa ini lah Karimun yang penuh rasa kekeluargaan, kondusif dan toleransi antar umat beragama yang luar biasa,” jelasnya.

Rafiq mengatakan, kondisi yang terjadi sebelumnya menjadi bagian dari perbedaan pendapat, namun dalam beberapa kali pertemuan yang berlangsung dapat diselesaikan secara musyawarah.

“Gotong royong menunjukan bahwa kita tidak ada apa-apa, yang kemarin itu kita menyatukan persepsi yang berbeda. Kita satukan dalam rapat, kita ambil benang merahnya, kita uraikan, Alhamdulillah,” katanya.

Rafiq menambahkan, untuk renovasi Gereja Santo Joseph akan tetap dilanjutkan, hal itu tertuang dalam 6 poin yang sudah disepakati dalam pertemuan sebelumnya.

“Dengan gotong royong ini, maka proses peletakan batu pertama akan dilakukan 23 Maret 2020 mendatang, dimana rencana nya akan di resmikan oleh menteri Agama RI,” tambahnya. (rnd)