Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama meninjau pelabuhan Domestik dan Internasional Karimun dalam rangka waspada terhadap virus Covid-19, Sabtu (14/3/2020) pagi.

Dalam peninjauannya tersebut Bupati tampak didampingi oleh Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur, Dandim 0317/TBK Letkol Denny dan Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono.

“Kita meninjau agen-agen kapal untuk menghimbau agar mereka dapat menyiapkan alat seperti thermal scanner yaitu alat pendeteksi suhu panas tubuh manusia. Jadi apabila masyarakat yang ingin berangkat menggunakan transportasi laut agar dilakukan scanner terlebih dahulu,” kata Rafiq.

Rafiq mengatakan, apabila suhu panasnya mencapai 38 derajat celcius kepada agen kapal agar secepatnya berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan untuk dilakukan pengawasan dan isolasi sementara. Kemudian jika suhu panasnya tidak menurun dan semakin panas, akan di bawa ke rumah sakit rujukan yaitu RSUD Muhammad Sani.

“Sampai saat ini di Kabupaten Karimun tidak ada yang positif saspek virus corona, walaupun saat ini ada yang diisolasikan di Kundur Utara ada 4, RSUD Muhammad Sani ada 2 orang sambil menunggu hasil dari Litbangkes yang kita kirim ke Jakarta. Kemudian ada yang diisolasi rumah namanya yaitu di Kecamatan Tebing,” ujarnya.

Rafiq juga menghimbau dan menyebarkan informasi kepada masyarakat tentang budaya hidup bersih. Kemudian untuk membiasakan bersalaman dengan cara menyusun jari sepuluh dengan ciri khas Melayu untuk antisipasi virus Corona.

“Kita juga melihat petugas-petugas di pelabuhan seperti imigrasi, bea dan cukai maupun kp3 diharapkan menggunakan masker pada saat kapal berangkat dan tiba, karena rentan dengan virus Covid-19 tersebut,” tambahnya. (rnd)