Karimun, Lendoot.com- Sebanyak tiga puskesmas di Karimun menjalani proses akreditasi dilakukan Tim Surveyor Akreditas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Akreditas tersebut adalah bagian dari upaya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan Puskesmas di Kabupaten Karimun.

Seperti diketahui, saat ini Kabupaten Karimun memiliki 13 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan. Dimana 10 diantaranya telah mendapatkan akreditas dua tahun belakangan ini. Sementara tiga puskesmas lainnya yakni, Puskesmas Meral Barat, Puskesmas Ungar dan Puskesmas Belat.

Kedatangan tim akreditas itu sendiri langsung diaambut Bupati Karimun Aunur Rafiq di Puskesmas Meral Barat, Senin (18/11/2019).

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, penilaian dilakukan tim surveyor yakni menyangkut sistem pelayanan di Puskesmas.

“Jadi standart pelayanan itu harus sesuai dengan SOP yang ada. Kita ucapkan terimakasih atas kehadiran tim surveyor, mudah-mudahan bertambah lagi puskesmas yang sudah terakreditasi di Karimun,” kata Rafiq, Senin (18/11/2019).

Bupati mengaku tetap optimis ketiga puskesmas tersebut akan mengantongi akreditasi yang akan dilakukan penilaian oleh tim akreditasi.

“Kita hidup ini harus optimis, pimpinan puskesmas juga harus optimis. Dari penampilan para staf dan kepala Puskesmas insyaallah kita yakin dapat,” kata Rafiq.

Ia menilai, ketiga puskesmas tersebut telah memiliki infrastruktur bangunan dengan pelayanan yang seimbang.

“Fisik atau bangunan di Puskesmas Meral Barat sudah sangat representatif, sudah lengkap. Sehingga sangat disayangkan jika pelayanannya tidak sesuai dengan pembangunan yang telah dilakukan. Tapi saya berkeyakinan bahwa Puskesmas Meral Barat mampu memberikan pelayann terbaik, dan mudah-mudahan tim suveior akan melakukan penilaian secara objektif,” tutupnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi mengatakan, penilaian akreditasi akan berlangsung selama tiga hari, yang nantinya akan dilanjutkan dengan penilaian kepada dua puskesmas di wilayah pemekaran lainnya. Yakni Puskesmas Ungar dan Puskesmas Belat.

“Untuk Puskesmas Meral Barat, karena sarana prasarananya sudah cukup baik, sesuai janji Kepala Puskesmas dan harapan kami, ya minimal dapat level utama, kalau level paripurna memang paling sempurna, tapi sepertinya agak susah,” kata Rachmadi.

Keyakinan mendapatkan akreditasi menurut Rachmadi, dilihat dari SDM dan layanan yang sangat memadai.

“Inikan proses berjalan. Artinya bagaimana penilaian untuk puskesmas ini. Disitu kan ada dokumentasinya,” terang Rachmadi.

(ricky robiansyah)