Karimun, Lendoot.com – Nelayan bernama Abdurahman (sebelumnya Abduraham) yang dikabarkan menghilang di sekitar Perairan Karimun Anak sejak Selasa (24/9/2019) ditemukan selamat oleh Tim Gabungan Search and Rescue (SAR).

Korban diketahui pergi melaut sendirian untuk mencari ikan. Korban pergi sejak selasa dan tidak ada kabar hingga Jumat (27/9/2019). Kondisi itu membuat pihak keluarga khawatir dan meminta bantuan Bansarnas untuk mencari jejak Abdurahman di laut.

Koordinator Tagana Karimun Dedi Rusdianto mengatakan, setelah melakukan pencarian beberapa jam, Tim Gabungan berhasil menemukan keberadaan Abdurahman.

“Iya sudah diketemukan dengan keadaan selamat,” kata Dedi, Jumat (27/9/2019).

Dedi mengatakan, pencarian terhadap Abdurahman dilakukan atas permintaan pihak keluarga yang merasa khawatir dengan keadaannya.

“Korban biasanya tidak lama melaut, apabila pergi sore biasanya pagi sudah pulang. Saat dia pergi juga tidak membawa alat komunikasi (HP), sehingga keluarga tidak tau kondisi korban,” katanya.

Setelah dilakukan pencarian, pada sore hari tim gabungan mendapatkan kabar bahwa Abdurahman berada di Malaysia.

“Saat ini korban di Malaysia dan sudah diselamatkan petugas di sana. Korban info kapalnya rusak di tengah laut sehingga terbawa di perairan Malaysia,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini Abdurahman telah kembali ke Karimun dengan dijemput oleh petugas dari Tim Gabungan. “Ia sudah sampai sekarang,”katanya.

Diberitakan sebelumnya, Seorang nelayan di Karimun dikabarkan hilang saat melaut di perairan Karimun Anak Kecamatan Tebing, Selasa (24/9/2019).

Pria diketahui bernama Abduraham (50) merupakan nelayan asal Kecamatan Tebing. Ia diketahui melaut sejak Selasa lalu dengan menggunakan kapal pompong seorang diri.

Rekan sesama nelayan Abduraham yang merasa curiga karena ia tidak kunjung pulang, kemudian langsung berkoordinasi bersama nelayan lainnya.

“Sudah tiga hari. Biasanya satu atau dua hari sudah balik,” kata seorang nelayan Tebing, Suhardino, Jumat (27/9/2019).

Menurut Ketua Suhardino, Abdurahman berangkat sendiri menggunakan pompong bermesin 16 PK yang belum lama ini dibelinya.

“Belum diketahui ke perairan mana dia mencari ikan. Namun diduga ke sekitaran perairan Karimun Anak, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun,” katanya. (ricky robiansyah)