Proses evakuasi kru kapal oleh aparat Indonesia, siang tadi. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Tiga awak kapal KM Putra Pantai Selop, asal Tembilahan, Provinsi Riau yang tenggelam di Perairan Takong Iyu, Jum’at (1/11/2019) berhasil ditemukan polisi perairan Malaysia.

“Hasilnya, ketiga awak kapal yakni Samsul Bahri (39), Ujang (45), Bain (45) ditemukan selamat oleh pihak polisi perairan Malaysia, kemudian koordinasi dengan Satpol Air Polres Karimun,” kata Koordinator Tagana Kabupaten Karimun, Dedi Risdianto kepada Lendoot.com.

Dedi menjelaskan, Kapal KM. Putra Pantai Selop tersebut memuat sebanyak 8 ton gula merah dan 2 ton jahe menuju Batu Pahat, Malaysia. Kemudian, pada Kamis (31/10/2019) bermaksud akan kembali menuju Sungai Guntung, Tembilahan, Riau.

“Jadi, saat tiba di wilayah perairan Karimun, Jumat (1/11/2019) sekira pukul 00.34 WIB, salah seorang awak kapal, Samsul Bahri (39) sempat menghubungi istrinya Rina Astuti, namun saat dikontak kembali sudah tidak dapat dihubungi lagi,” jelasnya.

Dedi menambahkan, mengetahui kejadian itu, petugas SAR gabungan yang terdiri dari Satpol Air, TNI AL, Basarnas, dan KPLP membantu proses pencarian.

“Ketiga awak kapal tersebut, saat ini sudah dilakukan evakuasi. Namun untuk kapal dilaporkan tenggelam seluruhnya,” tambahnya.

Diketahui, pada Jum’at (1/11/2019) sekira pukul 00.10 WIB, intensitas angin di wilayah Kabupaten Karimun cukup besar. Diduga, faktor angin menyebabkan kapal yang awaki tiga orang ABK kapal itu mengalami insiden. (riandi)