Sejumlah anggota TNI AD dari Kodim 0317/TBK sedang membuat jembatan untuk penghubung jalan baru desa di Desa Pasir Panjang, kemarin. (azis)

Karimun, Lendoot.com – Wajah sumringah terlihat dari sejumlah warga desa di dua kecamatan, di Kabupaten Karimun Provinsi Kepri, yakni Kecamatan Tebing dan Kecamatan Meral Barat.

Pasalnya rasa bahagia menyelimuti mereka karena kini telah terbangun jalan baru dari Desa Lembah Murni Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat ke Desa Teluk Setimbul Kecamatan Tebing dan sebaliknya. Ini setelah ada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105.

Dari program sasaran fisik TMMD ke-105 oleh TNI-AD dari Markas Kodim 0317/TBK ini, kini warga kedua desa dari dua kecamatan berbeda yang sebelumnya terisolasi itu, sudah dapat saling terhubungkan.

“Terimakasih kepada bapak-bapak tentara atas programnya bersama warga setempat, kini jalan kami ke desa sebelah jadi terhubung. Akses jalan baru ini sangat bermanfaat bagi warga kami di dua desa ini,” ujar Alim seorang warga kepada Lendoot.com.

Hal senda diungkapkan Ketua RW 02 Kelurahan Pasir panjang, Kecamatan Meral Barat, Dadang. Dirinya mengaku sangat senang dan mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan TNI-AD khususnya. Jalan baru tersebut, ungkapnya, sangat bermanfaat karena telah membuka akses jalan bagi seluruh warganya dan warga desa sebelahnya saat menjalani aktivitas sehari-hari.

“Alhamdulillah warga sangat mendukung dan tentunya kami sangat senang dengan dibangunnya akses jalan baru ini. Ini telah memudahkan kami, dari Desa Lembah Murni Pasir Panjang untuk berhubungan dengan warga Desa Teluk Setimbul,” ujar Dadang dengan wajah berseri-seri.

Dalam pelaksanaan kegiatan pra-TMMD tahun 2019, difokuskan di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat.  Pembukaan akses jalan baru tersebut telah menghubungkan dua desa itu ditargetkan sepanjang 1.198 meter dengan lebar jalan sekitar lima meter.

Sejumlah tentara dari Kodim 0317 Tbk bersama masyarakat terlihat masih berjibaku bersama menyelesaikan pembuatan jalan baru tersebut. Mereka memangkas semak belukar, memotong tebing, serta membuat jembatan yang ada anak sungai yang melintang di jalan baru tersebut.

Saat meninjau lokasi jalan, Dandim 0317/TBK, Letkol ARM Rizal Analdie mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana tidak hanya peran TNI-AD, melainkan juga peran serta masyarakat setempat.

“Dari kegiatan pembangunan akses jalan baru ini, kita harapkan program TMMD ke-105 yang mengusung tema, Meningkatkan Imunitas Bangsa Guna kesejahteraan Masyarakat, tercapai. Ingat, ini tercapai bukan hanya karena peran TNI-AD saja, tetapi juga peran serta masyarakat,” ujarnya.

Selain akses jalan baru tersebut, Perwira TNI-AD asal Jawa Timur itu juga mengatakan sudah melaksanakan pelaksanaan program fisik lainya, di antaranya; tiga unit gorong-gorong atau saluran air di Kecamatan Meral Barat.

Dalam pengerjaan kegiatan fisik lainya berupa semenisasi jalan ukuran 710,7 meter x 2,5 meter dan satu unit gorong-gorong ukuran ukuran 1×5 meter di Desa Pongkar Kecamatan Tebing, juga sudah dilaksanakan.

Selain program fisik, program TMMD ke-105 ini juga mengedepankan program non-fisik, yakni di antaranya; penyuluhan dan sosiliasi serta pembuatan demlot pertanian dan perikanan Gun Bio 44.

“Termasuk juga kita melaksanakan penyuluhan sosialisasi bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum dan kamtibmas. Termasuk penyuluhan bahaya narkoba,” paparnya.

Selain itu, kegiatan non-fisik lainnya juga dilaksanakan seperti kegiatan keagamaan, KB kesehatan, perikanan, peternakan, lingkungan hidup serta kehutanan, penyuluhan atau sosialisasi kegiatan PKK, pelayanan publik dan kependudukan, bahaya teroris dan paham radikalisme, serta mitigasi bencana. (*/muhdsarih)