Dr seorang perekrut sekaligus tekong kapal yang akan membawa belasan calon TKI itu untuk bekerja di Indonesia saat Mapolres Karimun, siang tadi. (ricky)

Karimun, Lendoot.com – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Karimun menetapkan Dr (49) tekong kapal yang akan membawa TKI atau pekerja migran Indonesia secara ilegal sebagai tersangka.

Dr diketahui merupakan seorang pengrekrut sekaligus tekong kapal yang akan membawa belasan calon TKI itu untuk bekerja di Indonesia.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, Dr diketahui telah merekrut para TKI itu untuk bekerja di Malaysia. Tersangka telah mematok harga perorangnya sebesar Rp4 juta untuk dapat menjadi TKI.

“Tersangka diduga sebagai pengrekrut dan tekong kapal. Ia berencana membawa 12 orang itu untuk bekerja di Malaysia dengan cara ilegal,” kata Adenan.

Adenan menyebutkan, pelaku merekrut pekerja di sejumlah daerah di pulau Jawa dan Sumatera dengan menelepon para korbannya serta menawarkan untuk bekerja di Malaysia.

“Dari hasil pemeriksaan, pelaku bekerja sendiri,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini kasus tersebut masih dalam pengembangan untuk mengetahui apakah ada pihak lain yang membantu pelaku dalam mempekerjakan para TKI itu.

“Apakah ada orang lain yang membantu, kita akan selidiki,” ujar Kapolres.

Adenan juga mengatakan, para TKI yang telah diamankan selanjutnya akan diserahkan kepada BP3TKI untuk selanjutnya dipulangkan ke daerah masing-masing.

“Kita serahkan ke BP3TKI. Mereka ini mau bekerja di Malaysia tanpa dokumen resmi, ini bisa membahayakan diri mereka,” katanya.

Kapolres mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk lebih waspada menerima penawaran pekerjaan, apalagi menyangkut pekerjaan di luar Indonesia.

“Kita berharap masyarakat dapat berhati-hati. Jangan mengikuti jalur tidak resmi, karena bisa membahayakan diri,” katanya.

Atas perbuatannya, tersangka Dr, dijerat dengan pasal 81 dan 83 undang-undang 18 tahun 2017, tetang perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

“Ancaman kurungan paling lama 10 tahun penjara,” ujar Adenan. (rko)