Ilstrasi Hoax. (internter)
Ilustrasi Hoax. (internter)

Karimun, Lendoot.com – Polres Karimun mengundang para blogger dan beberapa masyarakat Karimun di gerai Kamtibmas Hall A Coastal Area Tanjung Balai Karimun, Sabtu (16/2/2019).

Berkumpulnya para blogger dan masyarakat ini adalah dalam rangka menangkal berita hoax yang biasanya disebarkan oleh netizen menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di wilayah hukum Polres Karimun.

Kabagops Polres Karimun, Kompol Mukharom yang didampingi Kasat Binmas, AKP Eriman berharap melalui kegiatan ini dapat lebih memberikan pengertian dan pengetahuan tentang bahayanya berita bohong (hoax), ujaran kebencian (hate speech), fitnah, SARA dan konten-konten adu domba.

“Jangan sampai kita menjadi penyebar betita hoax. Karena itu dapat merugikan diri sendiri jika sudah sampai ke ranah hukum,” katanya.

Mukharom juga meminta masyarakat ataupun netizen serta blogger agar lebih bijak dalam mengkonsumsi informasi dengan melakukan cek dan ricek kebenaran informasi tersebut.

Selain itu, berperan aktif dalam memantau dan mengantisipasi indikiasi-indikasi black kampanye, money politik yang dapat merusak kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi serta kekondusifan di wilayah Kabupaten Karimun.

“Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk menolak segala bentuk berita bohong atau hoax, karena hoax bisa menimbulkan rasa permusuhan dan kebencian,” ucapnya. (parulian turnip)