Komisioner KPU Lantik PPS di masing- masing Kecamatan wilayah Kabupaten Karimun, Senin (15/6/2020). (FOTO : Humas KPU Karimun)

Karimun, Lendoot.com – Tahapan Pilkada tahun 2020 Kabupaten Karimun yang sempat tertunda akibat Pandemi Covid-19, kembali dilanjutkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun.

Kepastian pilkada sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 terkait Tahapan, Jadwal dan Program Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Wali Kota dan Bupati.

“Tahapan Pilkada kembali dilanjutkan, kita langsung melakukan pelantikan PPS yang sempat tertunda akibat Covid-19 kemarin,” kata Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko, Senin (15/6/2020).

Ia mengatakan, pelantikan PPS dilakukan serentak di masing-masing Kecamatan dengan dipimpin masing- masing komisioner KPU.

“Tadi 5 komisioner KPU menyebar dan pimpin pelantikan PPS di masing- masing Kecamatan. Pelantikan berjalan dengan standart sesuai protokol kesehatan,” katanya.

Selain pelantikan PPS, kata Eko, KPU Karimun juga kembali mengaktifkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kemudian, dalam waktu dekat pihaknya juga akan membentuk Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) yang dijadwalkan pada Juni 2020.

“PPK kemarin sempat kita non aktifkan, dan hari ini kembali aktif melanjutkan pekerjaan yang tertunda. Kita juga segera membentuk PPDP,” katanya.

Eko mengatakan, pelaksanaan Pilkada 2020 dilaksanakan dengan standart sesuai dengan protokol kesehatan. Hal itu menjadi acuan pihaknya dalam menjalankan tahapan demi tahapan Pilkada.

“Sesuai dengan edaran baru, segala pelaksanaan tahapan harus ikuti protokol kesehatan,” katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun memutuskan melakukan penundaan terhadap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Karimun tahun 2020. Penundaan itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus atau Covid- 19.

Keputusan penundaan itu tertuang dalam surat edaran KPU Nomor 8/2020 tentang Pelaksanaan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

“Iya kita sudah menerima surat edaran resmi dari KPU Pusat terkait penundaan tahapan Pilkada. Surat itu dikeluarkan pada 22 Maret kemarin,” kata Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko, Senin (23/3/2020).

Eko mengatakan, adanya surat edaran itu,ada sejumlah tahapan Pilkada di Karimun yang terpaksa dilakukan penundaan, salah satunya tahapan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Verifikasi calon perorangan dan pemuktahiran data pemilih oleh PPDP.

“Ada 3 tahapan terpaksa ditunda, namun untuk yang verifikasi calon perorangan di Karimun kan tidak ada, sehingga tidak terlalu berpengaruh,” ujarnya.

(rk)