Karimun, Lendoot.com – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun kembali membuka pelayanan pembuatan paspor bagi masyarakat Kabupaten Karimun, Senin (15/6/2020).

Seperti diketahui, sejak Pandemi Covid-19 pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun ditutup. Sejak itu, Kantor Imigrasi hanya melayani pembuatan paspor untuk kategori darurat (orang sakit yang perlu dibawa ke luar negeri).

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kanim Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun Kristian mengatakan, untuk layanan paspor masyarakat sudah dapat mengisi antrian melalui aplikasi APAPO pada Jumat (12/6).

“Pelayanan dibuka pada 15 Juni. Akan tetapi untuk pendaftaran antrean sudah bisa dilakukan hari ini,” kata Kristian, Jumat (12/6/2020).

Ia mengatakan, untuk perharinya Kanim Karimun akan membuka layanan dengan kuota pemohon sebanyak 24 orang. Jumlah itu, 50 persen dibandingkan dengan hari normalnya.

“Jadi ada ketentuan-ketentuan yang harus kita ikuti, salah satunya pelayanan hanya dibuka untuk 50 persen kuota saja. Selain itu, petugas yang biasanya 4, kini hanya 2 saja,” katanya.

Ia memastikan untuk pelayanan nantinya telah berdasarkan standar Protokol Kesehatan dengan menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD), Sarana Cuci Tangan, Alat Pengukur Suhu Badan dan Penerapan Physical Distancing.

“Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Imigrasi nomor IMI-GR.01.01.0946 Tahun 2020 tentang pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian dalam masa tatanan normal baru pertanggal 9 Juni 2020,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan sistem antrean melalui APAPO, untuk menghindari terjadinya penumpukan masa.

“Kita sudah diatur lewat APAPO itu, misalnya kita buka antrian walk in ya banyak nanti. Ini dibatasi sesuai kuota 24 setiap harinya,”kata dia.

Kristian menambahkan, khusus bagi layanan yang bersifat darurat pihaknya akan turun langsung menyambangi setiap rumah-rumah pemohon.

“Untuk orang sakit darurat kita tetap bisa langsung ke rumah. Karena ini sifatnya darurat, ini juga bagian dari layanan kita,” katanya.

Pelayanan pembuatan paspor akan dibuka dengan jam operasional seperti biasanya yakni pukul 08.00 -16.00 Wib. Untuk pemohon yang ingin menguruskan paspor juga diwajibkan untuk menggunakan masker.

(rk)