Karimun, Lendoot.com – Jajaran Satuan Reserse dan Narkoba (Satresnarkoba) Polres Karimun bersama Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B mengagalkan penyeludupan narkotika jenis ganja seberat 461 gram dari Pekanbaru, Jumat (18/12/2020).

Narkotika jenis ganja itu rencananya akan diseludupkan ke Kabupaten Karimun. Berdasarkan keterangan tersangka, barang itu digunakan untuk pemakai pribadi.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, kedua tersangka diamankan di dua lokasi berbeda. Tersangka pertama berinisial Go diamankan di Pelabuhan Roro Parit Rampak Kecamatan Meral dan BL diamankan di Bati Indah Kecamatan Meral Barat.

“Tersangka pertama kita aman saat turun dari kapal roro. Dari hasil pengembangan yang kita lakukan, kemudian kita dapatkan satu pelaku lainnya berinisial BL. Untuk BL ini dia merupakan pemesan sementara Go yang membeli,” kata Adenan dalam Press Rilis di Mapolres Karimun, Senin (28/12/2020).

Adenan menyebutkan, dari tersangka Go petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa narkotika jenis ganja seberat 461 gram disembunyikan di dalam tas dan dari tersangka BL diamankan 1 paket ganja kering dibungkus dalam plastik kecil sebanyak 13 gram.

“Total 474 gram ganja kering. Ganja kering ini akan diserahkan kepada Az yang kini masih DPO,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, pengakuan dari BL bahwa narkotika jenis ganja tersebut tidak untuk diedarkan.

“Dari pengakuannya, ganja itu untuk digunakan sendiri, bukan untuk diedarkan. Namun, kita akan menyelidikinya lebih lanjut,” ujar Adenan.

Atas perbiatannya, kedua tersangka itu dikenakan pasal 114 ayat (1 ) Subsider Pasal 111 ayat ( 1) Undang- Undang RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“Ancaman hukuman paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun penjara,” ucap Adenan.

Sementara itu, Kepala KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun Agung Mahendra menambahkan, pengungkapan perkara narkoba ini merupakan bentuk sibergitas antara Bea Cukai dan Kepolisian.

“Kita terus berkomitmen untuk bersinergi dalam memberantas narkoba. Seperti diketahui sendiri, saat ini libur, tapi kita tetap bekerja melakukan pengawasan,” kata Agung. (rko)