Karimun, Lendoot.com – Pemuda Kekerabatan Masyarakat Meranti (PKMM) Kabupaten Karimun masa bakti 2020- 2023 resmi dikukuhkan, Sabtu (26/12/2020).

Disejalankan juga dalam kegiatan itu, peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti ke-12 dengan dihadiri langsung Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir dan Pembina PKMM Kabupaten Karimun Wan Abdurahman.

Pengukuhan langsung dilakukan Ketua Kekerabatan Masyarakat Meranti ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji yang berlangsung di rumah singgah Meranti, Jalan Poros, Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun.

Pembina PKMM Karimun Wan Abdurahman mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat terjalin silahturahmi antarmasyarakat Kabupaten Meranti di Karimun dengan masyarakat Kabupaten Karimun secara umum.

“Acara ini memang dicetuskan oleh pemuda-pemuda Meranti Karimun sebagai ungkapan mereka yang turut merasakan terbentuknya Kabupaten Kepulauan Meranti,” kata pria yang juga menjabat sebagai Pimpinan Bank Riau Cabang Tanjungbalai Karimun itu.

Ia berpesan agar pemuda yang tergabung dalam PKMM Karimun kedepannya terus melakukan hal-hal positif guna membangun daerah.

“Lakukan hal yang baik atau positif untuk pemasukan daerah kita, ciptakan kreativitas dalam hal bekerja dan juga jadikan agenda rutin di tiap acara mampu memberikan naungan atau masukkan ke pemerintah. Kemudian, di samping itu juga pemuda harus mandiri jangan terfokus dengan anggaran daerah saja,” katanya.

Dengan begitu, kata dia, para pemuda akan terhindar dari hal-hal negatif seperti terjerumus narkoba, kriminalitas, dan radikalisme.

“Lewat kegiatan positif tentunya pemuda akan terhindar dari hal yang negatif. Karena, akan terbentuk mental mereka berfikir untuk kemajuan daerah,” ucap Wan Abdul Rahman.

Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir menyampaikan harapannya agar terbentuknya PKMM Karimun dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah Kabupaten Meranti dan Kabupaten Karimun.

Hal itu mengingat kedua Kabupaten ini memiliki hubungan yang baik melalui kerja sama yang dilakukan seperti bidang kesehatan, pendidikan dan kependudukan.

“Kerja sama sangat baik hingga saat ini seperti di bidang kesehatan saja warga Meranti yang berobat di rumah sakit Karimun bisa berobat gratis hanya dengan membawa surat keterangan tidak mampu,” kata Irwan.

“Kemudian, saya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti yang berada di Karimun, mari bersama-sama berpartisipasi untuk membangun dan menjaga situasi kondusif di Karimun,” tambahnya.

Lebih lanjut, kata Irwan sebanyak 16 ribu kepala keluarga (KK) warga asal Kabupaten Kepulauan Meranti yang tinggal di Kabupaten Karimun berdasarkan pendataan terakhir yang dilakukan oleh pihaknya pada tahun 2012 silam. Jumldengan jumlah 16 ribu kepala keluarga.

“Hingga tahun ini, mungkin 20-30 persen total penduduk Karimun itu berasal dari Meranti,” ungkapnya.(rko)