Salawat Busyro Jadi Salawatnya Kabupaten Karimun, Berikut Teks Arab dan Artinya

Bacaan Sholawat Busyro2

Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun Provinsi Kepri menetapkan Salawat Busyro atau Sholawat Busyro menjadi Salawatnya Warga Kabupaten Karimun. 

Keputusan itu tertuang dalam surat edaran Bupati Karimun Nomor: 400/KESRA-SETDA/x/2722/2022 tentang penerapan Salawat Busyro Menjadi Salawat Kabupaten Karimun pada 4 Oktober 2022 lalu.

Dalam surat itu terdapat imbauan untuk menerapkan Salawat Busyro kepada masyarakat Kabupaten Karimun di antaranya:

1. Untuk mengamalkan dan membacakan Salawat Busyro minimal 3 (tiga) kali di setiap kegiatan keagamaan Islam  pada instansi seperti dinas kantor, organisasi.

2. Kepada Sekolah dan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam se-Kabupaten Karimun untuk membaca Salawat Busyro sebelum dan sesudah proses belajar dan mengajar dimulai.

3. Dan kepada seluruh pengurus masjid, musala atau surau di Kabupaten Karimun untuk mengumandangkan Salawat Busyro sebelum azan di kumandangkan.

Salawat Busyro Menjadi Salawat Kabupaten Karimun ini dari hasil safari Dakwah Dr Al habib Segaf Bin Hasan Baharun di Balai Pemuda Kecamatan Kundur pada 20 Agustus 2022. Juga  di Masjid Baiturrahman Teluk Air Karimun pada 21 Agustus 2022.

Dr Al Habib Segaf Bin Hasan Baharun telah mengijazahkan Salawat Busyro kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun, dan terkhusus kepada Bupati Kabupaten Karimun Bapak Aunur Rafiq untuk diamalkan.

Bupati Aunur Rafiq juga pernah menyampaikan bahwa, Salawat Busyro adalah salawat yang diijazahkan Rasulullah sebagai Al Busyro.

Salawat Busyro atau disebut juga sebagai Salawat Al Busyro adalah Salawat yang diijazahkan Rasulullah SAW kepada salah satu putra Habib Hasan bin Ahmad Baharun.

Manfaat Salawat Busyro antara lain, melancarkan rezeki, membawa kegembiraan dan kesenangan, melancarkan urusan, mengabulkan segala hajat.

Berikut ini teks lengkap dan terjemahan Salawat Busyro;

Teksnya;

“Allahumma Sholli wa sallim ala sayyidina muhammadin sohibil busyro sholatan tubassiruna bihaa wa ahlana wa awlaadanaa wa jamii’a masya’khinaa wa muallimiinaa wa tholabatanaa wa tholibatinaa min waumina hadza ilaa yaumil akhiroh.”

Terjemahannya;

“Ya Allah berikanlah sholawat dan salam kepada Nabi Kita Muhammad Sosok Pembawa Kabar gembira, dengan sholawat yang memberikan kami kabar gembira untuk kami keluarga kami, anak anak kami, dan seluruh masyayikh kami, guru guru kami, murid murid / santri kami. santriwati kami, dari hari ini hingga hari akhir. (**/msa)