Ratusan warga demo PT KG, siang tadi, (riandi)

Karimun, Lendoot.com – Ratusan warga Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral melakukan demonstrasi ke PT Karimun Granit (KG), Kamis (12/3/2020).

Aksi demo yang dilakukan warga dengan cara berorasi dengan membawa spanduk serta peralatan lainnya di depan pintu gerbang PT KG.

Kuasa hukum masyarakat Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat, Edwar Kelvin Rambe menjelaskan, demo yang dilakukan oleh warga itu dikarenakan tidak adanya kejelasan yang diberikan dari pihak perusahaan.

“Aksi yang mereka lakukan adalah bela HAM dan menuntut pihak PT KG melepaskan wilayah pemukiman penduduk dari IUP yang diterbitkan pada tahun 2018 lalu,” jelas Edwar Kelvin saat dikonfirmasi awak media.

Kelvin mengatakan, sebelumnya warga juga sudah pernah meminta PT KG untuk dikeluarkan wilayah pemukiman mereka dari kawasan konsesi tambang, namun permintaan itu ditolak dalam rapat di DPRD waktu lalu.

Warga juga menuntut untuk menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Karena selama pengerjaan tambang dengan melakukan blasting atau peledakan, rumah-rumah warga terkena debu yang menyebabkan kawasan menjadi tidak sehat.

“Apabila PT KG masih ingin membuka perusahaan tambah di daerah ini, maka laksanakan kaidah-kaidah yang baik, proses blasting atau peledakan serta debu yang tidak menggangu masyarakat,” tambahnya. (rnd)