Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 264 personil gabungan dari Polres Karimun dan Bantuan Komando Operasi (BKO) Polda Kepri mulai siaga amankan 555 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 12 Kecamatan wilayah Karimun.

Dimulainya pengamanan TPS itu ditandai dengan pelepasan personil melalui Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS digelar di Halaman Mapolres Karimun, Minggu (6/12/2020) sore.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, dirinya berharap Pilkada Serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 nantu akan bisa berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Lqncar dari gangguan konvensional seperti konflik, kekerasan, money politik dan pelanggaran pidana, serta sehat dari penyebaran Covid-19,” ujar Adenan.

Adenan menekankan kepada personil dapat menyiapkan diri dalam menjalankan tugas dan kewajiban serta selalu berpedoman dengan SOP.

“Saya tekankan kembali untuk para personil pengamanan TPS dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Dan selalu menjaga keselamatan serta menerapkan protikol kesehatan,” katanya.
Kapolres juga menekankan pengamanan dilakukan hanya boleh dilakukan di luar TPS, terkecuali apabila diminta perbantuan oleh anggota KPPS yang bertugas.

“Kecuali diminta perbantuan oleh petugas KPPS. Selain itu personil juga diminta datang lebih cepat untuk mengecek kesiapan pengamanan,” katanya.

Personil pengamanan juga diminta untuk selalu berkoordinasi dengan TNI, Linmas dan komponen lain di TPS. Apabila ada permasalahan di dalam lokasi TPS, itu bukan menjadi domain Polri, tapi apabila atas permintaan atau ijin dari Ketua KPPS, baru petugas pam TPS dapat memasuki lokasi pungut suara.

“Tugas utama rekan-rekan semua adalah melakukan pengamaman pada pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 khususnya di wilayah Kab. Karimun, jaga Netralitas dan nama baik Institusi Polri serta hindari segala bentuk pelanggaran,” tegas Kapolres.

Selain itu Kapolres Karimun juga mengingatkan seluruh personel yang akan berangkat tugas pengamanan ini agar berhati-hati diperjalanan, jaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Personel yang melaksanakan pengamanan TPS sebanyak 264 Personel dari 555 TPS yang tersebar diwilayah Kab. Karimun, sebelumnya seluruh personel yang akan melaksanakan pengamanan TPS ini sudah dilakukan Rapid Test dan Alhamdullilah semuanya non reaktif” katanya. (rko)