Cawabup Karimun, Anwar usai diperiksa Bawaslu Karimun, siang tadi. (rko)

Karimun, Lendoot.com- Calon Wakil Bupati Karimun nomor urut 2 Anwar Abubakar diperiksa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun, , Senin (7/12/2020) sekira pukul 10.30 Wib.

Pemeriksaan ini terkait video pernyataannya di salah satu Kampanye di Kecamatan Tebing belum lama ini.

Dipanggilnya Anwar Abubakar ini bertujuan untuk mengusut tuntas dugaan pelanggaran Pemilu yang dilakukannya. Sebelumnya, Bawaslu Karimun telah memanggil sejumlah pihak terkait, termasuk Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko.

Anwar datang ke Sekretariat Bawaslu Karimun dan menjalani pemeriksaan lebih kurang tiga jam. Ini untuk memberikan klarifikasi atas video yang viral tersebut.

Usai menjalani pemeriksaan, Anwar tampak tidak mau memberikan pernyataan kepada awak media. Ia hanya menyerahkan seluruhnya kepada Bawaslu terkait keterangan yang telah ia berikan selama pemeriksaan.

“Silahkan nanti ditanyakan kepada ibu Tiur ya. Yang jelas saya sudah memberikan keterangan kepada beliau, silahkan ditanyakan,” kata Anwar usai menjalani pemeriksaan di Bawaslu Karimun.

Selain itu, Anwar juga memilih bungkam terkait pernyataannya di dalam video tersebut. Ia mempersilahkan kepada awak media untuk menanyakan langsung kepada Anggota Bawaslu yang melakukan pemeriksaan.

“Silahkan ke buk Tiur,” katanya.

Saat ditanya apakah dirinya merasa aneh diperiksa dua hari menjelang pemungutan suara Pilkada Karimun 9 Desember 2020, mantan anggota DPRD Karimun 3 periode itu menanggapi santai.

“Saya pikir Bawaslu tengah menjalankan tugasnya ya,” kata Anwar.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Karimun Tiuridah mengatakan, permeriksaan atas dugaan pelanggaran pemilu ity, saat ini sedang beproses di Bawaslu Karimun. Pihaknha masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi yang berkaitan dengan video itu.

“Belum penyelesaian, masih berproses. Kita sudah panggil sejumlah saksi termasuk Ketua KPU. Tapi kita akan panggil lagi pak Eko, karena ada keterangan baru yang kita dapatkan,” katanya.

Bahkan, lanjut Tiur, pihaknya juga berencana untuk mempertemukan Anwar Abubakar dan Ketua KPU Karimun setelah pemeriksaan selesai.

“Kita bicarakan dulu ditingkat pimpinan bagaimana ke depannya. Tapi ada rencana kita pertemukan,” katanya.

Tiur mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara antara keterangan Ketua KPU dan Anwar Abubakar masih terdapat sejumlah hal yang harus dicocokkan.

“Kita tanyakan terkait video itu, betul apa tidak. Maksud dan tujuan mencatut nama penyelenggara itu apa. Pak Anwar tidak menyangkal pernyataan itu,” katanya.

Tiur mengatakan, pihaknya masih menyelidiki untuk mengetahui apakah ada unsur pelanggaran dilakukan Cawabup Nomor Urut 1 itu.

“Kita belum bisa sampaikan sekarang. Masih didalami,” katanya. (rko)