Karimun, Lendoot.com – Jagat media sosial Karimun di hebohkan dengan beredarnya video pernyataan salah satu Calon Wakil Bupati Karimun yang dinilai menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat.

Video berdurasi 22 detik itu bersangkutan dengan netralitas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun pada Pilkada serentak 2020.

Dalam video itu, Calon Wakil Bupati nomor urut 2, Anwar Abu Bakar itu menyatakan bahwa, ketua KPU Karimun memberikan pernyataan kalau Paslon Bersinar dengan posisi yang luar biasa.

“Ketua KPU, pak Eko bilang memang luar biase Bersinar, Bersinar emang luar biasa di posisi sekarang dibanding tak tentu arah,” kata Anwar Abu Bakar dalam orasinya di video yang beredar di media sosial facebook Karimun.

Pernyataan yang disampaikan Anwar Abubakar dalam video itu telah mencoreng nama KPU Karimun sebagai penyelenggara Pilkada yang seharusnya netral.

Banyak komentar-komentar dalam postingan tersebut, bahkan mempertanyakan pernyataan Cawabub 02 tersebut.

Selain itu, sejumlah masyarakat juga diketahui mendatangi kantor Bawaslu Kabupaten Karimun untuk mempertanyakan kebenaran dari vidio yang beredar tersebut, Jumat (4/11/2020). Mereka datang untuk membuat laporan dugaan pelanggaran Pilkada Karimun 2020.

Para pelapor diterima dua orang Komisioner Bawaslu Karimun yakni Tiuridah Silitonga dan Muhammad Fadli.

Berdasarkan pengakuan salah seorang pelapor, Arie Firdaus Anang mengatakan, pelaporan dugaan pelanggaran Pilkada diduga dilakukan Calon Wakil Bupati Nomor Urut 2 Anwar Abubakar dengan alat bukti berupa rekaman video.

“Kami ke Bawaslu untuk melaporkan dugaan pelanggaran Pilkada yang diduga dilakukan oleh Cawabup Bersinar. Sebagai barang bukti kami serahkan video rekaman Cawabup 02,” kata Arie Firdaus di Sekretariat Bawaslu Karimun.

Arie mengatakan, laporan itu telah diterima pihak Bawaslu dan akan segera ditindaklanjuti oleh Bawaslu Karimun. Ia menilai, didalam video itu, Cawabup nomor 2 diduga mencatut nama Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko saat konsolidasi dengan timsesnya di Kelurahan Kapling Kecamatan Tebing.

“Cawabup Bersinar mengatakan menurut Ketua KPU pak Eko pasangan Bersinar unggul,” kata Tengku Junizar, pelapor lainnya.

Para pelapor minta Bawaslu dan KPU Karimun khususnya Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko menjelaskan hal tersebut ke publik.

“Kita minta ini ditindaklanjuti karena kami menilai ini cukup berbahaya bagi demokrasi di Pilkada Karimun. Ada apa antara KPU Karimun sebagai penyelenggara Pilkada dengan salah satu paslon,” katanya.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Karimun Tiuridah Silitonga membenarkan pihaknya mendapat laporan dugaan pelanggaran Pilkada diduga dilakukan oleh Cawabup 02 Karimun.

“Benar kami ada mendapat laporan dugaan pelanggaran diduga dilakukan oleh salah satu calon Wakil Bupati Karimun,” kata Tiuridah Silitonga di kantornya, Jumat sore.

Ia mengatakan, laporan itu atas nama pribadi masyarakat tersebut. Selanjutnya, Tiur mengatakan, pihaknya akan segera menindak lanjuti perihal tersebut.

“Kalau dinilai sudah lengkap, baru kami register. Kalau sekarang baru sebatas menerima laporan, nanti kami plenokan dulu dengan komisioner yang lain,” kata Tiur.

Selanjutnya, pihaknya akan melakukan rapat dan klarifikasi terhadap orang-orang yang berkaitan didalam video itu untuk memastikan titik permasalahannya. (rko)