Karimun, Lendoot.com – Jajaran Polres Karimun melakukan penertiban dan pembinaan kepada para penghuni Kos-kosan, Hotel dan Wisma yang ada di Kabupaten Karimun, dalam rangka Operasi Bina Kusuma Seligi 2019, Sabtu (21/9/2019).

Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono mengatakan, dalam operasi ini pihaknya melakukan koordinasi dan pembinaan kepada para penghuni Kos-kosan, Hotel dan Wisma

“Operasi pertama kita lakukan pendataan kepada penghuni Hotel Horizon sebanyak 6 kamar dan 14 penghuni. Selanjutnya memberikan himbauan tentang pergaulan bebas,  pelecehan seksual, kejahatan yang sering terjadi di Kos-Kosan kepada Para Penghuni Kamar,” kata Budi, Selasa (24/9/2019).

Budi menjelaskan, dengan terlaksananya operasi ini terjalin koordinasi yang baik antara kepolisian dengan pemilik wisma dan bekerja sama untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas terutama preman dan premanisme.

“Meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dan menurunkan gangguan Kamtibmas (penyakit masyarakat) serta terciptanya rasa aman dan nyaman hingga terhindar dari segala bentuk ancaman,” jelasnya.

Budi mengatakan, masih dalam Operasi Bina Kusuma Seligi, Senin (23/9/2019), pihaknya bersama Sat POL PP melakukan Razia penertiban dan pembinaan kepada pelajar yang bolos di jam pelajaran sekolah.

“Kita bersama sat pol PP juga melakukan razia pelajar  dengan target warnet, warung-warung yang sering digunakan pelajar untuk nongkrong saat jam pelajaran berlangsung,” ujarnya.

Budi menambahkan, dalam razia ini pihaknya mendapati dua pelajar yang bolos saat jam pelajaran berlangsung. Kemudian kedua pelajar tersebut dibawa ke Kantor Satpol PP untuk dilakukan pendataan.

“Tindakan yang kita ambil membawa pelajar yang ketahuan bolos ke kantor Sat Pol PP untuk dilakukan pendataan dan pembinaan kemudian akan dikembalikan ke Sekolah kembali,” tambahnya. (riandi)