Karimun, Lendoot.com – Sebanyak enam orang korban Kapal SB Tenggiri 4 yang tenggelam di Perairan Pulau Tikus Kenipan, Karimun, Minggu (28/7/2019) siang tadi, berhasil dievakuasi tim gabungan Tagana, Pol Air Polres Karimun dan nelayan setempat.

“Keenam korban sudah berhasil dievakuasi di antaranya, Abdul Jamil sebagai nahkoda, Mahdar, Ijal, Ayib, Yuda dan Sarifudin. Semuanya selamat,” kata Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya saat dikonfirmasi.

Kapolres menjelaskan, tenggelamnya kapal SB Tenggiri 4 didgau karena adanya gelombang yang kuat sehingga kapal tersebut mengalami kebocoran di bagian buritan kapal.

“Dikarenakan gelombang kuat. Sekira pukul 13.00 WIB Sb Tenggiri 4 tiba di perairan Pulau Tikus mengalami kebocoran dibagian buritan kapal sehingga air tidak dapat dipompa sehingga menyebabkan kapal tenggelam,” jelasnya.

Kapolres mengatakan, setelah itu nahkoda beseta abk kapal meminta bantuan kepada nelayan yang melintas di lokasi tersebut. Kapal mutan sayuran campuran yang dikemas dalam kotak sebanyak 209 kotak tersebut diketahui milik H Amirullah

“Sekira 10 menit kemudian kapal bantuan datang dari masyarakat pulau kenipaan untuk ditarik ke bibir pantai pulau kenipaan. Kapal Sb ini bertolak dari Buton Pekanbaru Riau sekira pukul 08.00 WIB dengan tujuan Batam,” ujarnya.

Informasi saat ini, proses evakuasi kapal SB Tenggiri 4 masih berlangsung untuk ditarik ke pantai terdekat. (riandi)