Karimun, Lendoot.com – Jajaran Kepolisian Resor Karimun telah memeriksa 9 orang saksi terkait insiden kebakaran Gedung E Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Karimun Jalan Jenderal Sudirman Poros, Rabu (6/1/2020) kemarin.

Sembilan orang saksi itu, antara lain Petugas Satpol PP yang pada hari kejadian bertugas dan pegawai lainnya di dinas- dinas di gedung tersebut.

Seperti diketahui, seharusnya di saat kejadian itu, Gedung E Pemkab Karimun dijaga dua orang petugas Satpol PP. Namun kenyataannya, tidak ada seorang pun yang berjaga di sana.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, sejauh ini sebanyak sembilan orang saksi telah diambil keterangannya untuk mengetahui penyebab kebakaran.

“Sejauh ini, kita sudah meminta keterangan sebanyak 9 dalam kejadian kebakaran ini,” kata Adenan.

Ia mengatakan, pihaknya juga mendalami adanya unsur kelalalian terjadi, sehingga menyebabkan kebakaran itu. Akan tetapi, hingga saat ini pihaknya belum dapat menyimpulkan penyebab kebakaran itu.

“Pas terjadinya kebakaran, memang tidak ada petugas yang berjaga. Maka kita akan meminta keterangannya terlebih dahulu,” ujar Adenan.

Adenan mengungkapkan, pihaknya telah meminta bantuan tim dari Polda Kepri serta tim dari Labfor Polda Riau untuk melakukan pemeriksaan terjadinya kebakaran itu.

“Labfor Polda Riau kita turunkan. Jadi sejauh ini belum bisa dipastikan penyebabnya, nanti bagaimana hasil pemeriksaan akan dikabarkan,” ujar Adenan.

Sebelumnya, Gedung E Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Karimun Jalan Jenderal Sudirman Poros terbakar, Rabu (6/1/2021) dinihari.

Kebakaran tersebut baru diketahui pada Rabu pagi, setelah sejumlah pegawai yang bekerja di gedung tersebut datang untuk bekerja. Diduga, kebakaran itu terjadi pada pukul 02.00 Wib.

Dari informasi di lapangan, saat terjadi kebakaran gedung tersebut kosong dan tidak dijaga oleh petugas piket yang bertugas.

Api tersebut diketahui menghanguskan lantai 1 gedung perkantoran Pemkab Karimun. Adapun lantai itu merupakan kantor Kesbangpol, Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk, KB, PPPA). Sementara lantai II yang tidak tersentuh api, antara lain Kantor BKPSDM Karimun dan Dinas Pertanian. (rko)