Karimun, lendoot.com – Lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Karimun harus dihentikan sementara pascakebakaran di gedung E perkantoran bupati tersebut, Rabu (6/1/2021).

Untuk itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengintruksikan kepala OPD yang kantornya terdampak kebakaran agar segera mencari kantor pengganti, sementara gedung terbakar diperbaiki.

Lima OPD terdampak kebakaran tersebut, di antaranya; Dinas Pertanian Kabupaten Karimun, BKPSDM Karimun, Kesbangpol, Pem Des, dan BKKBN.

“Kita minta kepala dinas di lima Intansi¬† agar segera mencari kantor baru,” kata Rafiq, Rabu (6/1/2021).

Ia mengatakan, untuk kantor baru itu nantinya diharapkan dapat menyewa ruko hingga perbaikan terhadap gedung yang terdampak telah selesai.

“Saya minta untuk menyewa ruko agar pelaksanaan kegiatan pelayanan tetap berjalan,” ujar Rafiq.

Selanjutnya, Rafiq mengatakan, untuk seluruh pegawai yang bekerja di lima OPD pada gedung E itu untuk sementara diliburkan dan secepatnya diminta untuk kembali bekerja.

Kebakaran terjadi di Gedung E Komplek Kantor Bupati Karimun, Rabu (6/1/2021) sekitar pukul 02.00 dinihari.

Api dengan cepat menghanguskan seluruh isi gedung. Kejadian kebakaran baru diketahui Rabu pagi saat para pegawai di 5 intansi tersebut masuk kerja.

Didapati informasi malam itu gedung tak mendapatkan penjagaan oleh piket jaga yang seharusnya. Sehingga kebakaran sempat tak diketahui petugas maupun pihak pemerintah sendiri.

Tak ada korban jiwa dalam di kejadian tersebut. Hanya saja, sekitar 80 persen dokumen hangus terbakar.  (rko)