Karimun, Lendoot.com – Bripka Samson Tarigan, Bhabinkamtibmas Kelurahan Darussalam Kecamatan Meral Barat rela menyisihkan uang pribadinya untuk membantu masyarakat binaannya.

Pria yang telah 3 tahun bertugas sebagai Bhabinkamtibmas itu, telah banyak mencatat prestasi dengan program-program yang diciptakannya untuk masyarakat, salah satunya program perpustakaan keliling yang berhasil mendapatkan penghargaan langsung dari Kapolri pada tahun 2019.

Kali ini dengan program Polisi Peduli Kesehatan, Bripka Samson menyisihkan uang gajinya untuk membeli satu unit mobil yang dimodifikasi menjadi ambulance. Mobil itu sendiri akan dioperasionalkan untuk daerah binaannya secara gratis, guna membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Ambulance gratis ini akan dimanfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar. Karena disini jauh dari pusat kota, sehingga apabila ada masyarakat sakit akan mempermudah mereka,” kata Samson ditemui usai acara penyerahan ambulance gratis di Kantor Lurah Darussalam, Rabu (6/11/2019).

Mobil Ambulance gratis itu dibeli Bripka Samson dengan menyisihkan uang gaji dan bonus yang ia dapatkan selama tiga bulan terakhir. Mobil itu ia beli secara kredit seharga Rp20 juta dari seorang warga Kecamatan Meral. Mobil itu kemudian dimodifikasi seperti ambulan dan diberikan fasiltas pendukung seperti tandu, kursi roda serta tongkat.

“Saya kredit dengan menyisihkan uang gaji tiga bulan terakhir ini, terkadang bayar Rp2juta dulu, terkadang juga Rp5 juta. Selain mobil juga ada alat bantu seperti Kursi Roda, Tandu, dan tongkat hasil sumbangan dari Kapolsek dan masyarakat lain,” katanya.

Ide memberikan ambulance untuk kebutuhan masyarakat tersebut, karena dirinya kerap kali melihat kondisi masyarakat yang kesulitan untuk pergi berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit.

“Saya mengingat pesan bapak sebelum meninggal, untuk menjadi Bhabinkamtibmas itu harus berbuat baik dan dekat dengan masyarakat. Setidaknya walaupun saya tidak disini lagi, ambulance ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Ambulance gratis untuk warga itu secara resmi diserahkan kepada Kelurahan Darussalam dalam pengelolaannya. Penyerahan tersebut langsung dilakukan Bripka Samson Tarigan Kepada Lurah Darussalam dengan disaksikan Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirat, Camat Meral Monalisa dan sejumlah tamu yang hadir.

Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto mengapresiasi program yang dibuat oleh anggotanya tersebut. Ia mengaku bangga atas apa yang telah dibuat Bripka Samson untuk mengayomi masyarakat binaannya.

“Saya mengapresiasikan apa yang dilakukan Bripka Samson. Dengan bantuan ini tentunya kehadiran Polri dapat dirasakan masyarakat dan bisa memberikan manfaat serta kontribusi terbaik untuk kepentingan masyarakat,”katanya.

Ia berharap, apa yang telah dilakukan oleh Bripka Samson dapat menjadi contoh untuk anggita Polri lainnya terkhusus di lingkungan kerja Polres Karimun.

“Ini dapat menjadi contoh bagi anggota Polres Karimun yang lain untuk sama-sama peduli sesama kita,” katanya.(ricky robiansyah)