Karimun, Lendoot.com – Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Karimun belum dapat memastikan mayat laki- laki ditemukan Marine Singapura, Kamis kemarin merupakan nelayan Desa Parit yang dikabarkan hilang.

Polisi masih harus menunggu hasil uji Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) dilakukan pihak Singapura untuk memastikan bahwa jenazah laki- laki yang ditemukan di Perairan OPL sekitar Singapura tersebut merupakan Syaid Kadar Zailani (37).

Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Binsar Samosir mengatakan, saat ini pihaknya masih mengkonfirmasi terkait identitas jenazah laki- laki tersebut.

“Kita belum dapat memastikan apakah jenazah yang ditemukan itu merupakan nelayan Karimun yang hilang. Kita perlu menunggu uji sampel DNA dulu,” kata Binsar, Sabtu (13/6/2020).

Ia mengatakan, pihak keluarga Syaid sebenarnya telah membenarkan bahwa jenazah laki- laki yang ditemukan oleh Marine Singapura tersebut merupakan anggota keluarganya.

Hal itu dikenali pihak keluarga dari ciri-ciri dan pakaian pada mayat laki-laki tersebut.

“Semalam anggota sudah turun, memang sudah terkonfirmasi dari ciri- ciri yang dikirimkan oleh pihak Singapura. Akan tetapi, tetap harus kita tunggu hasilnya nanti,” ujar Binsar.

Menurutnya, saat ini jenazah diduga Syaid tersebut masih berada di Singapura. Rencananya, apabila hasil uji DNA telah keluar dan telah dipastikan benar itu merupakan nelayan Karimun yang hilang, tim gabungan akan langsung melakukan penjemputan jenazah ke Singapura.

“Semuanya sudah pasti baru kita lakukan penjemputan untuk dipemakaman,” katanya.

Terpisah, Edi, Sepupu Istri Syaid Zailani mengatakan, Otoritas Singapura meminta pihak keluarga untuk mengirimkan sampel rambut dari orangtua Syaid.

“Singapura minta sampel rambut mamak Syaid. Sekarang lagi dalam perjalanan dikirim,” kata Edi, Jumat (12/6/2020).

Walaupun begitu, Istri Syaid meyakini mayat yang ditemukan Marine Singapura itu merupakan suaminya. Hal itu dikenali dari celana dalam yang dikenakan mayat tersebut.

“Istrinya meyakini mengenali dari celana dalam,” kata Edi.

Sebelumnya, Marine Singapura menemukan sesosok mayat laki- laki disekitar perairan OPL Singapura. Mayat yang ditemukan itu sudah dalam keadaan sulit dikenali.

Bagian kulit wajah hingga leher dilaporkan sudah hilang. Mayat tersebut ditemukan dalam kondisi hanya mengenakan celana dalam warna abu-abu.

(rk)